ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Surabaya Raya Diminta Maksimalkan Pelayanan Rumah Sakit

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 07 Juli 2020 19:24
Surabaya: Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi, meminta Pemda di Surabaya Raya memaksimalkan seluruh rumah sakit untuk pasien covid-19. Saat ini rumah sakit rujukan covid-19 yang ada sudah melebihi kapasitas.
 
"Misalnya RS Bhakti Dharma Husada (BDH) milik Pemkot Surabaya, kami dorong agar dinaikkan statusnya, dari menangani pasien covid-19 gejala ringan dan sedang, menjadi RS pasien covid-19 gejala berat," kata Joni di Surabaya, Selasa, 7 Juli 2020.
 
Baca: Ridwan Kamil Ungkap Dua Klaster Baru Penyebaran Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Joni juga mendorong peningkatan kapasitas di RS BDH Surabaya menjadi 250 bed (ranjang). Apalagi wilayah di Surabaya Barat belum punya RS rujukan covid-19. "Kami di RSUD Dr Soetomo juga meningkatkan kapasitas dari 232 bed menjadi 500 bed," jelas Joni.
 
Sementara saat ini Pemkab Sidoarjo tengah mengusulkan ke Gugus Tugas Covid-19 Jatim untuk menjadikan lima RS sebagai rujukan covid-19 lantaran seluruh ruang isolasi di tujuh rumah sakit rujukan sudah overload pasien covid-19.
 
Lima rumah sakit rujukan baru itu adalah RS Ibu dan Anak Soerya, RS HM Mawardi, RS Rahman Rahim, RS Arafah Anwar Medika, dan RS Aisyiah Siti Fatimah.
 
Lain halnya dengan di Gresik yang butuh perhatian khusus, maka itu Direktur RSUD Dr Soetomo tersebut mendorong Pemkab Gresik memaksimalkan RS yang ada untuk menampung pasien gejala sedang hingga berat.
 
"Misalnya RS Semen Gresik dan Petrokimia Gresik, dapat menjadi RS Rujukan pasien Covid-19 untuk gejala ringan dan sedang. Makanya kami dorong juga," jelasnya.
 
Joni mengatakan program peningkatan kapasitas RS ini seiring dengan upaya Pemprov Jatim menyiapkan sistem rujukan rumah sakit satu pintu (one gate system). Nantinya sistem rujukan satu pintu itu akan terintegrasi dalam sebuah aplikasi yang akan dikomandani Pangkogabwilhan II dari Rumah Sakit Darurat Jalan Indrapura Surabaya.
 

(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif