Posko pengungsian korban banjir di GOR Perumahan Total Persada, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Jumat, 7 Februari 2020. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
Posko pengungsian korban banjir di GOR Perumahan Total Persada, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Jumat, 7 Februari 2020. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir

506 Korban Banjir di Periuk Tangerang Terserang Penyakit

Nasional bencana banjir
Hendrik Simorangkir • 07 Februari 2020 17:31
Tangerang: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mencatat sebanyak 506 warga korban banjir di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang mulai terserang berbagai macam penyakit. Penyakit tersebut di antaranya diare, demam, gangguan saluran pernapasan atau ISPA, hingga stres.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi, mengatakan korban yang mengalami stres itu karena mereka terkejut karena banjir mendadak.
 
"Dari 506 kasus yang ada di posko kesehatan, empat diantaranya sampai kita rujuk ke puskesmas, karena paling banyak mengalami stres. Korban yang stres ini, sering pingsan karena banjir yang cukup tinggi merendam rumah mereka secara mendadak," kata Liza saat dikonfirmasi, Jumat, 7 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Liza menjelaskan dalam penanganannya, pihaknya tidak menerjunkan langsung tenaga medis yang ahli di bidang trauma healing. Melainkan memanfaatkan tenaga medis yang pernah menangani pasien dengan masalah kejiwaan.
 
Menurut Liza faktor penyebab stres di antaranya karena hidup di posko penampungan hingga harus kehilangan harta benda akibat terendam banjir. "Ini memang ada, makanya kami juga minta kepada para tenaga medis, untuk tetap jaga kesehatan, sehingga ketika mereka melayani para korban, bisa dengan ramah, senyum dan tidak stres," pungkas Liza.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif