Kepala Kantor Kemenag Surakarta Hidayat Maskur. ANTARA/Aris Wasita
Kepala Kantor Kemenag Surakarta Hidayat Maskur. ANTARA/Aris Wasita

Solo Siapkan 752 Lokasi Salat Idulfitri

Nasional jawa tengah Kota Solo Lebaran 2022 Salat
Antara • 19 April 2022 13:43
Solo: Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, menyediakan sebanyak 753 lokasi untuk salat Idulfitri menyusul pelonggaran termasuk aktivitas beribadah yang diberikan oleh pemerintah di tengah pandemi covid-19.
 
"Sudah diperbolehkan di masjid, musala, lapangan, termasuk di jalan juga boleh," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Surakarta Hidayat Maskur di Solo, Selasa, 19 April 2022.
 
Ia mengatakan secara keseluruhan ada sebanyak 704 tempat ibadah baik itu masjid maupun musala dan 49 lokasi di luar rumah ibadah yakni di jalan dan di lapangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan jika ada lokasi baru yang diajukan oleh masyarakat, bisa didaftarkan langsung ke Kantor Kemenag Surakarta.
 
"Kalau ada lokasi baru didaftarkan ke kami, termasuk nanti mencatumkan imam dan khatibnya. Nanti kami pantau hingga H-2 Lebaran (kemungkinan penambahan lokasi baru)," katanya.
 
Baca juga: Pemkot Solo Perbanyak Sentra Vaksinasi Malam Hari Selama Ramadan
 
Terkait penceramah dan imam salat, pihaknya juga sudah menyiapkan daftar termasuk imbauan agar topik ceramah mengangkat tentang perdamaian dan kerukunan.
 
Sementara itu, mengenai protokol kesehatan, akan tetap ditegakkan meski mulai ada pelonggaran. Terkait dengan pengawasan, pihaknya bekerja sama dengan Satpol PP Kota Surakarta.
 
"Kepolisian juga turun. Prokes wajib, jaga jarak juga ada. Apalagi di lapangan dan jalan raya kan makin bisa jaga jarak," terang dia.
 
Ia juga meminta kepada penceramah agar tidak terlalu lama berkhotbah demi mengantisipasi durasi kerumunan yang terlalu lama.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif