Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan (Roni Kurniawan)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan (Roni Kurniawan)

Emil Ditegur Lantaran Kepala OPD Tak Menghadiri Rapat Paripurna

Nasional pemerintah daerah
Roni Kurniawan • 15 November 2019 16:19
Bandung: Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat menegur langsung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Teguran itu dilakukan karena minimnya kehadiran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada rapat.
 
Anggota DPRR Jabar, Yuningsih, mempertanyakan tingkat kehadiran yang rendah para Kepala OPD pada rapat paripurna tersebut. Padahal rapat menyinggung perubahan anggaran yang diajukan setiap OPD untuk ABPD tahun 2020 mendatang.
 
"Nampaknya di forum paripurna ini kepala OPD sangat tidak kompak. Padahal ini pernah disampaikan pada rapat paripurna sebelumnya, bahwa ini kebutuhan mereka. Karena beliau-beliau ini pengguna anggaran," ujar Yuningsih di lokasi, Jumat, 15 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yuningsih menjelakan seharusnya para Kepala OPD memprioritaskan Paripurna dibanding agenda lainnya. Hal itu agar penggunaan serta pengajuan anggaran bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasaran.
 
"Apakah beliau tidak sesuai menempati kepala OPD, perlu disikapi Pak Gubenur. Atau mungkin perlu diganti," jelas Yuningsih.
 
Sementara Ridwan Kamil mengaku sudah beberapa kali menegur Kepala OPD yang tak turut serta dalam rapat Paripurna dengan berbagai alasan. Bahkan pria yang akrab disapa Emil ini akan menyiapkan sanksi kepada para Kepala OPD yang kerap mangkir untuk Paripurna.
 
"Jadi saya punya mekanisme untuk menghukum orang yang tidak disiplin dalam manajemen itu salah satunya teguran. Keduanya saya potong aja pendapatannya karena itu ada mekanisme yang kita lakukan," kata Emil.
 
Emil pun mewanti-wanti kepada para Kepala OPD untuk taat pada perintah terutama mengikuti Paripurna yang menyangkut kepentingan setiap OPD. "Jadi ini peringatan buat kepala dinas untuk selalu menghormati dan hadir di forum yang gubernur mempertanggungjawabkan anggaran-anggaran mereka, kan bukan anggara saya," tegas Emil.
 
Ditemui terpisah Penjabat (Pj) Sekda Jabar, Daud Achmad, mengatakan hanya ada 12 Kepala OPD yang mengikuti Paripurna. Sementara Kepala OPD yang tidak hadir memberikan beragai alasan dan mengutus Sekretaris OPD.
 
"Ya tadi yang hadir sekitar 12 kepala dinas. Terus disamping itu juga yang jelas ada yang pendidikan dua orang, juga ada kepala dinas yang memang tidak ada, ada 4 jabatan kosong," kata Daud.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif