Kondisi banjir di Kota Pagar Alam, Sumsel. Foto: Istimewa
Kondisi banjir di Kota Pagar Alam, Sumsel. Foto: Istimewa

Banjir di Pagar Alam Capai 50 Sentimeter

Nasional banjir bandang bencana longsor bencana banjir
Gonti Hadi Wibowo • 09 Januari 2020 16:10
Pagar Alam: Hujan deras yang melanda Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan, Kamis 9 Januari 2020 pukul 07.00 WIB menyebabkan rumah-rumah di wilayah tersebut terendam banjir. Ketinggian air mencapai 50 sentimeter.
 
“Banjir di Kota Pagar Alam akibat saluran drainase yang tidak dapat menahan debit air hujan,” kata Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, 9 Januari 2020.
 
Menurut Ansori, akibat hujan dengan intensitas tinggi itu juga menyebabkan tanah longsor di jalan akses penghubung Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam. Ansori mengatakan berdasarakan laporan BPBD setempat sejauh ini banjir terjadi di sebagian wilayah Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagar Alam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya pun hingga kini belum dapat memastikan jumlah rumah yang terendam banjir di wilayah itu. Namun, pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir yang melanda wilayah Kota Pagar Alam.
 
“BPBD sudah menerjunkan Satgas ke lokasi kejadian untuk menanggulangi dengan membersihkan saluran drainase yang tersumbat,” jelasnya.
 
Sedangkan tanah longsor yang menghubungkan akses penghubung Kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat di Desa Tebing Terkol, Kecamatan Pulau Pinang masih belum bisa dilalui.
 
"Sehingga harus dialihkan melalui jalan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat,” ujarnya.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif