Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Terduga Teroris Kalteng Berencana ke Jakarta Melalui Sampit

Nasional terorisme
Surya Sriyanti • 13 Juni 2019 18:26
Palangka Raya: Sebanyak 34 terduga teroris di Kalimantan Tengah, merupakan sisa dari kelompok Abu Hamzah, perakit bom di Gunung Salak, Aceh. Mereka disebut akan ke Jakarta melalui Pelabuhan Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.
 
"Mereka ke Kalteng dalam rangka mencari dana dan juga mengasingkan diri atau yang dikenal dengan istilah Uzlah," ujar Kapolda Kalteng Irjen Anang Revandoko, Kamis, 13 Juni 2016.
 
Anang menuturkan kelompok teroris ini sebelumnya akan ditangkap di Aceh. Namun, mereka lebih dulu kabur membawa anak dan istrinya ke Palangka Raya sebanyak 15 orang dan Gunung Mas sebanyak 19 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 32 Terduga Teroris Kalteng Dideradikalisasi
 
Jenderal bintang dua itu menuturkan keberadaan kelompok teroris dari Aceh ke Kalteng itu untuk mengumpulkan dana dan logistik. Setelah dana dan logistik terkumpul, kelompok teror bekas kelompok Abu Hamzah itu akan berangkat ke Jakarta.
 
Namun, masih belum diketahui tujuan kelompok terduga teroris itu ke Jakarta. Anang masih mendalami tujuan kelompok tersebut ke Jakarta.
 
"Hingga saat ini belum ada pengakuan (dari terduga teroris) untuk mendompleng kegiatan di MK (gugatan pilpres )," jelasnya.
 
Baca: Kelompok Teroris Kalteng Disebut Ahli Buat Bom High Explosive
 
Kepala Bidang Humas Polda Kalteng Komisaris Besar Hendra Rachmawan menjelaskan, saat ini 32 terduga teroris dititipkan di Dinas Sosial Kalteng untuk dideradikalisasi. Sebelum dibina, mereka akan lebih dulu diassesmen untuk memutuskan bakal dibina atau diberi tindakan hukum.
 
"Saat ini masih terus dilakukan pemeriksaan, namun untuk peningkatan status masih perlu kesabaran," katanya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif