Ilustrasi seleksi calon Aparatur Sipil Negara (CASN). (Foto: MI/M Yakub)
Ilustrasi seleksi calon Aparatur Sipil Negara (CASN). (Foto: MI/M Yakub)

Pemkot Tangsel Dorong Honorer Daftar CPNS dan PPPK

Nasional tenaga honorer
Farhan Dwitama • 23 Januari 2020 11:24
Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, mendorong tenaga honorer ikut seleksi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini lantaran jumlah tenaga honorer jauh lebih besar ketimbang ASN. 
 
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangerang Selatan, Apendi, mengatakan, jumlah tenaga honorer di lingkungan Pemkot Tangsel mencapai 8.000 orang. Dua kali lipat lebih besar dari jumlah ASN.
 
"Mereka sudah lama bekerja di sini, kita juga dibantu dalam pelayanan masyarakat. Kita menyarankan teman- teman honorer yang berusia dibawah 35 untuk mendaftar CPNS dan yang di atas 35 tahun bisa mendaftar PPPK,” kata Apendi, Kamis, 23 Januari 2020. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apendi mengaku tak bisa memecat para honorer itu begitu saja. Sebab, masa tugas honorer sudah puluhan tahun bahkan sebelum Kota Tangsel berdiri.
 
"Kalau mereka sampai di Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) begitu saja, ya repot juga, makanya kita dorong mengikuti PPPK. Saya berdoa mudah-mudahan honorer ikut PPPK sesuai aturan," imbuh dia.
 
Meski begitu, rasio ketersediaan pegawai honorer di Tangsel yang mencapai 8.000 orang tidak sebanding dengan formasi keersediaan kursi PPPK dan ASN. Pihaknya berharap Pemerintah Pusat memberikan kuota lebih untuk Kota Tangsel dalam penerimaan ASN dan PPPK di tahun-tahun mendatang. 
 
“Untuk PPPK tahun 2019 kemarin saja hanya 366 dan ASN tahun ini 222. Inikan masih jauh,” jelas dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif