Ilustrasi KPK - MI.
Ilustrasi KPK - MI.

Bupati Bogor Belum Setujui Pemindahan TPSA ke Nambo

Nasional pengelolaan sampah
Octavianus Dwi Sutrisno • 09 November 2019 08:08
Depok: Pembahasan rencana Pemerintah Kota Depok untuk memindahkan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) ke Nambo Kabupaten Bogor berjalan alot. Pasalnya, Bupati Bogor Ade Yasin belum mengeluarkan ijin untuk tempat pembuangan sampah tersebut.
 
Ini diungkapkan Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Imam Budi Hartono. Imam meminta Pemerintah Kota Depok, Provinsi Jabar, Kabupaten Bogor duduk dan membahas lebih jauh mengenai penggunaan lahan Nambo.
 
"Sampah di TPSA Cipayung, memang hendak kita buang ke Nambo. Namun, ini terhambat karena belum ada persetujuan dari Bupati Bogor," Ucap Imam di Gedung Bumi Wiyata jalan Margonda Kota Depok, Jumat, 8 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengungkap alasan Bupati Bogor enggan menyetujui pemakaian lahan lantaran berbenturan dengan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkades). Rencananya, Pilkades akan dilakukan serentak di beberapa wilayah Kabupaten Bogor.
 
"Jadi, menurut beliau (Bupati Bogor), kalau sampah dipindahkan sekarang nantinya akan berpengaruh terhadap pemungutan suara Kepala Desa. Juga, soal kompensasi lahan," katanya.
 
Selain itu, pihaknya juga telah mengetahui bahwa investor yang akan mengelola TPSA Nambo tidak cukup modal. Apalagi, Tangerang Selatan, Kabupaten Bogor, Kota Bogor juga akan membuang sampah ke lokasi tersebut.
 
Oleh sebab itu, nantinya anggaran pengelolaan sampah akan dibantu oleh Pemprov Jabar. Imam juga menyayangkan terkait masalah tersebut, seharusnya investor telah mempersiapkan finansial jauh-jauh hari sebelum menerima proyek ini.
 
"Untuk angka pastinya, kami masih harus mengeceknya terlebih dahulu apakah harus ditambahkan atau bahkan dikurangi. Namun, diperkirakan ini membutuhkan dana kurang lebih Rp60 Miliar. Kita juga akan melihat apakah benar mereka (investor swasta) kekurangan dana, memang kendalanya pembebasan lahan (Nambo) untuk pengelolaan sampah tersebut," bebernya.
 

 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif