Ratusan Rumah di Mamuju Terendam Banjir
Ilustrasi. Medcom.id
Mamuju: Ratusan rumah warga di Kompleks BTN Ampi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) terendam banjir. Kondisi ini akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Mamuju sepanjang sore hingga malam, Sabtu, 13 Oktober 2018. 

Seperti dilansir Antara, banjir menggenangi wilayah BTN Ampi di Jalan Pababari, Kota Mamuju, akibat hujan yang turun sejak pukul 15.00-22.00 WITA. Air yang cukup tinggi juga membuat kendaraan tidak dapat melintas di daerah itu.

Banjir yang terjadi di kompleks tersebut karena air di kanal setempat meluap hingga akhirnya menggenangi permukiman. Warga pun berusaha mengamankan barang berharga miliknya ke tempat yang lebih aman.


Sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga di tempat lain juga terendam banjir. Misalnya, di Jalan Teuku Umar, Jalan Nelayan, dan sekitar wilayah Stadion Manakarra, Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Jendral Sudirmana Mamuju. Banjir juga menyebabkan kendaraan tersendat.

Salah seorang warga bernama Wawan mengatakan, banjir terjadi akibat drainase yang buruk karena tersumbat. Sebagian lainnya rusak sehingga membuat air hujan tidak mengalir ke laut. 

"Akibatnya banjir terjadi dan menggenangi jalan maupun sejumlah pemukiman masyarakat," kata Wawan.

Wawan mengaku trauma, karena pada awal 2017 banjir besar melanda Kota Mamuju. Kala itu, sejumlah rumah hanyut dan ribuan rumah terendam sehingga warga tidak bisa beristirahat dengan tenang.

Banjir menjadi langganan di sejumlah wilayah Mamuju saban musim hujan. Ia pun meminta pemerintah setempat lebih tanggap mengantisipasi banjir, terlebih menghadapi musim penghujan.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id