Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Gempa Kotamobagu Akibat Subduksi Sangihe

Nasional gempa bumi
Antara • 11 Desember 2018 22:52
Manado: Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan gempa 5,4 skala richter (SR) yang mengguncang Kotamobagu, Sulawesi Utara, dan sekitarnya berjenis gempabumi dangkal. Gempa terjadi akibat aktivitas subduksi Sangihe.
 
Gempa berkekuatan 5.0 SR (hasil pemutakhiran data) pada pukul 18.23 WIB itu berkoordinat di 0,18 derajat Lintang Selatan dan 124,51 Bujur Timur dengan kedalaman 50 kilometer.
 
Triyono menyebutkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi di wilayah Teluk Tomini ini disebabkan deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Gempa 5,4 SR Guncang Kotamobagu
 
Guncangannya dilaporkan dirasakan di daerah di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dengan skala intensitas III MMI, Kota Manado, Kota Bitung, Tondano (Kabupaten Minahasa), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), dan Kotamobagu dengan skala intensitas II MMI.
 
Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," katanya.
 
Hingga pukul 18.50 WIB, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). Masyarakat diiimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif