Ilustrasi bunga telang. Medcom.id/Arthurio Oktavianus
Ilustrasi bunga telang. Medcom.id/Arthurio Oktavianus

Newsline

Banyak Khasiat, Warga Desa Brubuh Kompak Budi Daya Bunga Telang

Nasional Lingkungan Hidup tanaman UMKM Newsline
MetroTV • 24 Juni 2021 18:11
Ngawi: Awalnya warga Jogorogo, Ngawi Jawa Timur, menganggap bunga telang tak lebih dari tanaman liar yang tumbuh di pekarangan. Namun, warga Desa Brubuh, Jogorogo, melihat peluang bisnis dari bunga ini.
 
Bunga telang disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Warga Desa Brubuh langsung beramai-ramai membudidayakan bunga yang memiliki nama latin Clitoria ternatea ini.
 
"Di Brubuh ini ada sebutan Kampung Telang karena memang di lahan-lahan kosong di lingkungan rumah banyak menanam," tutur Ketua Paguyuban Petani Telang Haryono dalam program Newsline Metro TV, Kamis, 24 Juni 2021

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga melihat peluang bisnis pemanfaatan bunga telang sebagai obat tradisional. Bunga berwarna biru keunguan ini diyakini berkhasiat membantu penyembuhan diabetes, asma, hingga gangguan jantung. Bunga ini juga diyakini mengandung zat yang dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi stres.
 
Warga Desa Brubuh pun mengolah bunga telang menjadi teh. "Sekali tanam, bunga telang itu dipetik setiap hari. Jadi mendapatkan penghasilan harian," ungkap Haryono.
 
Dari 1.000 pohon telang yang ditanam, warga mampu memanen 1 kilogram bunga telang kering tiap hari untuk diolah teh telang. Warga pun berharap pemerintah setempat membantu promosi dan pemasaran produk olahan bunga telang Desa Brubuh. (Nuansa Islami)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif