Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Hanafi Hamzah. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Hanafi Hamzah. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin

Fenomena Hujan Es Terjadi di Sulsel

Nasional hujan es fenomena alam
Muhammad Syawaluddin • 09 November 2020 18:35
Makassar: Warga Sulawesi Selatan dikagetkan dengan adanya fenomena hujan es. Fenomena itu direkam oleh seorang warga di Perbatasan Kota Makassar dan Kabupaten Maros, Sulsel. 
 
Dalam video yang berdurasi 3 menit 9 detik tersebut, seorang pria tengah memegangi butiran es yang jatuh bersamaan dengan hujan yang mengguyur di rumahnya. 
 
Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Hanafi Hamzah, mengatakan fenomena hujan es bukanlah sesuatu yang luar biasa. Dia menyebut fenomena itu lumrah terjadi sesuai dengan kondisi awan dan angin. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kondisi hujan es itu lumrah terjadi. Karena perlu diketahui awan itu terdiri dari gas, padat, dan cair," katanya, saat ditemui di kantornya, di Jalan Abdurrahman Basalama, Kota Makassar, Senin, 9 November 2020.
 
Baca: Hujan Es Melanda Eban NTT
 
Fenomena itu bisa terjadi apabila zat padat awan dalam prosesnya belum sempat berubah wujud menjadi cair, tapi sudah ditiup oleh angin dari atas (down drop). Sehingga terjadi hujan es. 
 
"Jadi massa atau zat padat itu belum mencair namun angin yang datang vertikal dari atas menuju permukaan bumi melalui awan. Sehingga, butiran es itu jatuh," jelasnya. 
 
Hal itu biasanya terjadi pada peralihan musim kemarau ke hujan, kondisi angin belum menentu atau labil. Pada kondisi itu udara panas belum bisa menyatu secara baik, sehingga butiran es itu terbentuk. 
 
"Jadi, kondisi zat yang belum mencair (butiran es) itu dipaksa turun oleh tiupan angin," ungkapnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif