ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

RSUD Singkawang Hentikan Pemeriksaan Tes Usap Covid-19

Nasional Virus Korona pemeriksaan rapid test protokol kesehatan
Antara • 22 Oktober 2020 21:17
Pontianak: Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Ruchanihadi, menyebut sementara waktu rumah sakit tidak melayani pemeriksaan swab untuk PCR covid-19. Penghentian tersebut dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
 
"Tidak melayani pemeriksaan swab untuk PCR sampai batas waktu yang tidak ditentukan," kata Ruchanihadi di Singkawang, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Baca: BNPT Ingatkan Anggota APEC Waspada Terorisme di Tengah Pandemi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan pemeriksaan PCR selama ini dikirim ke laboratorium kesehatan Pontianak dengan keluarnya hasil yang cukup lama dan saat ini ada kendala pemeriksaan di PCR di laboratorium.
 
Kendala lainnya pengiriman sampel dibatasi, yaitu hanya diprioritaskan kepada pasien yang sedang dirawat.
 
Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Singkawang, Anewan, mengatakan pengumuman yang disampaikan RSUD Abdul Aziz untuk tidak melayani pemeriksaan swab PCR sangatlah disayangkan.
 
"Karena untuk dapat mengkonfirmasi apakah seseorang tersebut positif terinfeksi covid-19 adalah dengan cara swab PCR," jelasnya.
 
Dia kembali mengatakan pemutusan penyebaran covid-19 dapat dilakukan dengan tepat yaitu dengan mengkarantina positif covid, melokalisir kontak erat dan suspek yang telah terkonfirmasi.
 
"Saya berharap agar Pemerintah Kota Singkawang dapat mencarikan solusinya agar permasalahan pemeriksaan swab PCR ini dapat teratasi dengan segera," ungkapnya.
 
Di sisi lain, dia turut prihatin dengan kondisi yang dialami Laboratorium Pontianak yang pastinya mengalami kendala yang cukup berarti sehingga berdampak pada pengurangan pelayanan Pemeriksaan PCR di Kalbar.
 
Menyikapi situasi saat ini, ia mengimbau masyarakat menerapkan disiplin protokol kesehatan dalam keseharian kita. "Saya mengingatkan agar kita semua taat menerapkan jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik sesering mungkin dan jika terpaksa keluar rumah, gunakanlah masker sehingga rantai penularan covid-19 dapat diminimalisir," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif