Pengunjung mall di Malang semburat saat terjadinya gempa (Foto / Istimewa)
Pengunjung mall di Malang semburat saat terjadinya gempa (Foto / Istimewa)

Emil Dardak: 18 Kabupaten di Jatim Merasakan Guncangan Gempa Malang

Nasional gempa Gempa Bumi
Sri Yanti Nainggolan • 10 April 2021 17:48
Jakarta: Sejumlah daerah di Jawa Timur melaporkan merasakan getaran saat terjadi gempa Malang Sabtu siang, 10 April 2021. Wilayah yang paling terasa adalah Malang dan Blitar. 
 
"Dirasakan di 18 kabupaten, melaporkan menggunakan indeks Mercalli, artinya dari observasi," terang Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dalam tayangan Breaking News Metro TV, Sabtu, 10 April 2021. 
 
Ia menjelaskan getaran berkisar skala II hingga V. Skala terbesar, yaitu IV, dirasakan di Malang dan Blitar. Ditandai dengan perabotan dalam rumah pecah karena berjatuhan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita lihat, di beberapa gedung pemerintahan rusak, rumah warga juga rusak," ucap Emil. 
 
Kemudian, antara III dan IV MMI dilaporkan terasa di Jombang, Trenggalek, dan Kediri. Banyak daerah merasakan III MMI dimana terasa getaran dalam rumah. 
 
Daerah tersebut adalah Sidoarjo, Surabaya, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Kemudian Madiun, Ponorogo, Pacaitan, Batu, Tuban, Nganju, dan Ngawi juga merasakan getaran berskala III MMI.
 
Sementara itu, satu orang meninggal dunia akibat terkena dampa gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu, 10 April 2021. Satu orang diketahui meninggal itu adalah warga Kabupaten Lumajang.

 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif