ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Masjid di Yogyakarta Terapkan Protokol Kesehatan saat Salat Id

Nasional Virus Korona Idulfitri 2020
Ahmad Mustaqim • 23 Mei 2020 19:22
Yogyakarta: Masjid Jogokariyan, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta akan tetap menggelar salat idulfitri, Minggu, 24 Mei 2020. Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan, Muhammad Jazir, mengatakan rencana salat idulfitri akan dilaksanakan pukul 07.00 WIB.
 
Ia menyebut panitia memberlakukan aturan untuk mencegah potensi penyebaran virus korona.
 
"Kita terapkan protokol (pencegahan covid-19) ketat. Jadi kita siapkan dari pintu sanitizer, thermo gun, wastafel portable, hand sanitizer, serta jemaah wajib pakai masker," kata Jazir saat dihubungi, Sabtu, 23 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Warga Bekasi Diminta Tidak Bersalaman saat Idulfitri
 
Jazir menjelaskan ada pengelompokan jemaah laki-laki dan perempuan. Jemaah laki-laki akan di posisikan di jalan dekat masjid, sementara jemaah perempuan di dalam masjid.
 
"Warga dari luar Jogokariyan di lantai atas semuanya dan yang warga lokal di bawah. Kita beri sekat dengan warga dari luar (yang datang ikut salat id)," jelasnya.
 
Jazir mengatakan tak ada pembatasan jemaah. Namun panitia memberikan jalur berbeda untuk warga di kawasan Jogokariyan dengan warga dari luar kawasan itu.
 
Kepala Satpol PP DIY, Noviar Ahmad, mengatakan ada 220 masjid yang akan tetap melaksanakan salat id. Ia mengatakan pemerintah tak bisa memaksakan jika tetap ada takmir masjid yang menggelar salat id.
 
"Kalau mereka ngeyel masih melaksanakan agar memperhatikan protokol kesehatan. Kami dari Pam gakkum (gugus tugas penegakan hukum) tidak akan menindak atau membubarkan. Kalau terjadi apa-apa risiko sendiri," ujarnya.
 
Ia menambahkan pihaknya dengan sejumlah lembaga pemerintah telah menyosialisasikan maklumat tidak menggelar salat idulfitri, termasuk di dalamnya ada MUI, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah.
 
"Kami juga belum mendapat informasi soal takbir keliling. Tapi kami akan lakukan patroli malam nanti," kata Noviar.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif