Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kota Bandung Menggodok Relaksasi PSBB

Nasional Virus Korona PSBB
P Aditya Prakasa • 15 Mei 2020 14:46
Bandung: Pemerintah Kota Bandung segera menggodok aturan pengawasan terkait rencana relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Terlebih Bandung disebut berhasil menekan penyebaran virus korona (covid-19).
 
Koordinator Bidang Data dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, mengatakan relaksasi PSBB bisa dilakukan, namun harus memiliki syarat yang wajib dipenuhi. Yakni, dalam dua pekan terakhir angka penyebaran di bawah satu dan terus menurun, atau selama tiga pekan menunjukkan penurunan.
 
Baca:Warga Cirebon Abai PSBB

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kedua adalah syarat dari kemampuan sumber daya kesehatan, jumlah tempat tidur yang ada di rumah sakit tersedia, SDM masih ada, sarana masih tersedia, nah baru itu boleh melonggarkan," ujar Ahyani di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat, 5 Mei 2020.
 
Ahyani menerangkan, pelacakan harus dilakukan secara aktif dengan mengadakan rapid test dan swab. Pelacakan, kata dia, untuk orang yang mempunyai riwayat perjalanan atau kontak dengan orang dalam pemantauan (ODP).
 
"Yang dikhawatirkan adanya gelombang yang muncul kembali atau yang saya khawatirkan orangtidak disiplin yang bekerja itu. Misalnya tempat kerja itu tidak melakukan protokol pencegahan, itu sangat beresiko," tutunya.
 
Dia mengaku, Kota Bandung masih mengkaji aturan jika relaksasi PSBB ditetapkan. Pengawasan bakal menjadi titk berat dalam keberhasilan penerapan relaksasi PSBB.
 
"Pemerintah pusat melonggarkan, tapi boleh memberikan sanksi," tegasnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif