Longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabuoaten Bogor, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Rizki D
Longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabuoaten Bogor, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Rizki D

Jabar Alokasikan Dana Tanggap Bencana Rp25 Miliar

Nasional bencana alam
Ahmad Rofahan • 09 Februari 2020 17:36
Cirebon: Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengalokasikan anggaran tanggap bencana Rp25 miliar tahun 2020. Jumlah tersebut lebih kecil ketimbang tahun sebelumnya, yakni Rp50 miliar.
 
"Tahun ini kita memang menganggarkan Rp25 miliar untuk bencana," ujar Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum di Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 9 Februari 2020.
 
Uu mengatakan alokasi tersebut masih bisa ditambahkan, jika memang masih dibutuhkan. Pihaknya akan menambahkan anggaran pada anggaran perubahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk mendapatkan anggaran tanggap bencana, pemerintah kota atau kabupaten di Jawa Barat harus membuat pernyataan siaga bencana atau darurat bencana. Kalau tidak begitu, kami tidak bisa memberi bantuan," ujar Uu.
 
Uu memastikan Pemprov Jabar sangat peduli terhadap bencana, salah satunya bajir. Pihaknya meminta kepala daerah untuk berkoordinasi dengan Pemprov jabar agar segera mendapatkan banguan.
 
Sebelumnya, cuaca buruk terjadi pada awal 2020 mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terdampak banjir dan longsor. Longsor terjadi di Kecamatan Sukajaya, Nanggung, dan Cigudeg, sedangkan banjir terjadi di Kecamatan Gunung Putri dan Jasinga.
 
Bencana banjir dan longsor itu membuat 14.010 warga mengungsi. Mereka berasal dari empat kecamatan, yakni Kecamatan Cigudeg sebanyak 922 orang, Kecamatan Sukajaya sebanyak 9.926 orang, Kecamatan Nanggung sebanyak 3.121 orang, dan Kecamatan Jasinga sebanyak 41 orang.
 
Kejadian tersebut juga menelan korban jiwa sebanyak delapan orang dan tiga orang yang sebelumnya dilaporkan menghilang telah ditemukan meninggal. Kemudian, 12 orang mengalami luka berat dan 517 orang mengalami luka ringan.
 

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif