Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Desa di Jabar Bentuk Satgas Tanggap Covid-19

Nasional Virus Korona
Roni Kurniawan • 31 Maret 2020 08:32
Bandung: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jawa Barat (Jabar) dan aparatur desa membentuk tim Satuan Tugas Tanggap Covid-19 untuk mencegah penyebaran virus korona ke desa-desa. Tim tersebut memberikan edukasi serta penyuluhan terkait sosial distancing yang tengah digalakkan pemerintah.
 
Kepala DPM-Desa Jabar, Dedi Sopandi, mengatakan, Satgas Tanggap Covid-19 terdiri dari kepala desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Patriot Desa, ketua Rukun Warga (RW), dan ketua Rukun Tangga (RT). Mereka bertugas melaporkan kondisi terkini penanggulangan korona di desa.
 
"Juga mendata pemudik yang berasal dari daerah terpapar covid-19, dan tenaga kerja Indonesia yang baru pulang dari negara yang terpapar covid-19. Selain mendata, Satgas harus mengimbau kepada mereka untuk mengisolasi diri selama 14 hari," kata Dedi di Bandung, Senin, 30 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Emil Imbau Kepala Daerah Kabupaten/Kota Potong Gaji ASN
 
Dedi menuturkan, tim tersebut akan melaporkan secara berjenjang mulai dari desa hingga ke tingkat kabupaten. Laporan tersebut, lanjutnya, akan menjadi data dasar di tingkat provinsi untuk melakukan pemetaan penyebaran korona.
 
Dedi menegaskan tim bertugas mengedukasi masyarakat perihal mencegah penyebaran korona di desa. Pasalnya tak sedikit desa masih belum tersentuh informasi, terutama pola penyebaran wabah korona.
 
"Kami gencar melakukan sosialisasi. Ada banyak spanduk, baliho yang sudah dipasang. Termasuk menyosialisasikan cuci tangan yang benar melalui semua Posyandu," pungkasnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif