Penyemprotan disinfektan di kereta di Dipo Depok, Jawa Barat. MEdcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno
Penyemprotan disinfektan di kereta di Dipo Depok, Jawa Barat. MEdcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

KRL Rutin Disemprot Disinfektan

Nasional Virus Korona
Octavianus Dwi Sutrisno • 14 Maret 2020 07:28
Depok: Jalur kereta rel listrik (KRL) rute Bogor - Depok - Jakarta Kota disebut sebagai area berisiko tinggi penyebaran virus korona (covid-19). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) berupaya melakukan antisipasi.
 
Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti, mengatakan PT KCI bersama PT KAI telah berkoordinasi dan membuat standar operasional prosedur (SOP) penanganan covid-19. Satuan tugas (Satgas) juga telah dibentuk.
 
"Hingga saat ini, kondisi para pengguna KRL masih berjalan normal. Kami mengantisipasi, melalui koordinasi dengan pemda dan unit terkait seperti BNPB, rumah sakit rujukan, dan unit pemda lainnya," Ucap Wiwik di Dipo KRL Depok, Sabtu, 14 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wiwik menuturkan salah satu cara yang dilakukan dengan meningkatkan pembersihan di luar maupun dalam gerbong KRL. Penyemprotan cairan disinfektan juga rutin dilakukan.
 
"Pembersihan ini memang rutin dilakukan, namun sekarang lebih kami tingkatkan," tegasnya.
 
Dia menuturkan pengawasan kesehatan para penumpang pun ditingkatkan. Yakni dengan membentuk 30 pos kesehatan yang tersebar di seluruh stasiun KRL.
 
Baca: Penumpang KRL Tak Gentar Hadapi Korona
 
"Setelah kasus korona ini meningkat, akhirnya front liner kita libatkan dan ternyata banyak pengguna KRL yang mengecek suhu tubuh setiap harinya," bebernya.
 
Sementara itu, Penanggung jawab kebersihan KRL, Didi, mengatakan pembersihan bagian dalam kereta dilakukan setiap hari. Mencakup pegangan tangan (hand grip), hingga tiang jendela kaca dipastikan bersih.
 
"Baik ketika cuti besar, maupun harian kita lakukan penyemprotan (disinfektan). Setiap kereta masuk (Dipo) pekerja kebersihan susah siap untuk pencucian dan penyiraman. Ini berlaku untuk seluruh Dipo," tandasnya.
 
Selanjutnya Humas KCI, Anne Purba, memaparkan saat KRL beroperasi juga disiapkan petugas pelayan kebersihan untuk membersihkan dan menyemprotkan cairan disinfektan. Namun kadar disinfektan dikurangi, terutama saat volume penumpang melonjak.
 
"Kami mengoperasikan 1.100 unit KRL, pembersihan setiap selesai berdinas tidak hanya Depok tapi di Dipo Bogor dan Dipo lainnya," ucapnya.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun, PT KCI juga mengimbau para pengguna KRL;
  1. Tidak meludah sembarangan di stasiun maupun kereta,
  2. Menggunakan masker saat sedang sakit, batuk, pilek, maupun dalam masa penyembuhan,
  3. Menjaga kebersihan, antara lain mencuci tangan dengan benar.
  4. Memeriksakan diri ke pos kesehatan bila merasa kurang sehat.

 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif