NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemerintah DIY Terima Bantuan APD Tenaga Medis

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 23 Maret 2020 16:13
Yogyakarta: Pemerintah Daerah istimewa Yogyakarta menerima bantuan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis untuk menangani pasien virus korona covid-19. Dalam situasi saat ini, APD dinilai masih mencukupi.
 
"Alhamdulillah Dinas Kesehatan sudah mendapatkan kiriman APD lengkap dari pusat. Cukup untuk para tenaga medis kita saat ini," kata juru bicara Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, Senin, 23 Maret 2020.
 
Berty menjelaskan APD akan didistribusikan ke rumah sakit yang menanganani pasien yang diduga maupun telah positif covid-19. Ia memperkirakan APD akan cukup dalam satu bulan ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"APD untuk rumah sakit. Semoga bisa sampai satu bulan ke depan. Saat ini sudah diusulkan melalui anggaran gugus tugas pengadaan APD," jelas Berty.
 
Sementara Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaning Astutie, mengatakan ada bantuan 200 APD dari Kementerian Kesehatan. Selain itu, ia menyebut akan ada bantuan sekitar 1.000 APD dalam beberapa waktu ke depan.
 
"Kalau (jumlah pasien) tidak naik, masih cukup. Tapi kita tetep mesen terus," ungkap Berty.
 
Berty menjelaskan keperluan APD biasa dipakai satu paket. Menurut dia, petugas yang bekerja di rumah sakit telah memisahkan keperluan pemaiakan APD sesuai kebutuhan.
 
"Kalau mau ideal semua gak cukup APD-nya. Tinggal melihat keparahannya (kondisi pasien)," pungkas Berty.
 
Data Pemerintah DIY saat ini ada 76 orang yang telah diperiksa terkait covid-19. Dari jumlah itu, 20 dinyatakan negatif, lima positif dan satunya telah sembuh, serta 51 menunggu hasil uji. Dua pasien dari 51 yang menunggu hasil uji itu meninggal.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif