Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Disebut Menteri Kepercayaan Jokowi

Al Abrar • 08 Desember 2022 20:17
Jakarta: Menteri BUMN Ercik Thohir beberapa kali dipercaya oleh Presiden Joko Widodo mengemban beberapa tugas penting. Kepercayaan langsung dari presiden membuktikan Erick bukan hanya dekat secara profesional tetapi juga personal. 
 
Pengamat Politik Usep S. Achyar mengatakan, kedekatan Presiden Jokowi dengan Erick sudah terbangung sejak lama. Kala itu Erick diberi amanah menjadi Ketua Panitia Penyelenggaran Asian Games 2018. Ajang olahraga terbesar di Asia itu sukses digelar dan mengundang decak kagum dunia internasional.
 
"Kedekatan hubungan Presiden Jokowi dengan Erick ini sudah terjalin sangat lama, sejak Asian Games," kata Achyar, Kamis, 8 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah itu, Erick kembali menerima kepercayaan dari Presiden Jokowi dengan menjadi Ketua TKN 2019. Ia juga sukses menjalankan tugasnya dengan mengantarkan mantan Gubernur DKI tersebut menjadi Presiden Indonesia untuk periode ke dua. 
 
Baca: Keluarga Presiden di Solo Gelar Pengajian Jelang Pernikahan Kaesang-Erina
 
Setelah itu, Erick Thohir diganjar oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri BUMN. Achyar mengatakan posisi tersebut tidak bisa dipercayakan kepada sembarang orang, sebab Kementerian BUMN adalah pemegang sepertiga kekuatan ekonomi nasional.
 
Selama di Kementerian BUMN, Erick Thohir juga berhasil menyelesaikan berbagai penugasan strategis dari Presiden Jokowi. Mulai dari penanggulangan covid-19, pemulihan ekonomi nasional, pembenahan dan pembersihan Kementerian BUMN bahkan hingga menyelamatkan dunia sepak bola Indonesia.
 
Baca: Urus Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir: Sudah Seperti Keponakan Saya!
 
Dengan berbagai keberhasilan tersebut, Erick Thohir disebut Achyar tidak hanya dekat dengan Presiden Jokowi secara profesional namun juga dalam lingkup personal. Terbukti, saat ini mantan Ketua TKN Jokowi 2019 tersebut menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Pernikahan Kaesang di Kota Solo.
 
"Tidak hanya kedekatan profesional namun juga kekeluargaan yang dimiliki oleh Erick Thohir bersama Presiden Jokowi," ucap Direktur Riset Populi Center.
 
Seperti diketahui, berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Indonesia, Erick Thohir mengalami tren kenaikan elektabilitas dari bulan Juni lalu hingga saat ini. Terekam, di bulan Juni 2022 Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar 8,5 persen. 
 
Kini, berdasarkan hasil survei Indikator dalam simulasi 18 nama, sebanyak 9,6 persen responden menginginkan Erick Thohir sebagai cawapres.
 
(ALB)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif