Bawaslu Jateng menggelar rapat membahas berbagai persoalan terkait pengawasan tahapan pendaftaran partai politik. ANTARA/HO-Bawaslu Jateng
Bawaslu Jateng menggelar rapat membahas berbagai persoalan terkait pengawasan tahapan pendaftaran partai politik. ANTARA/HO-Bawaslu Jateng

Warga Jateng Diajak Ikut Awasi Tahapan Pemilu 2024

Antara • 12 Agustus 2022 23:00
Semarang: Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Tengah mengajak semua lapisan masyarakat ikut mengawasi semua tahapan Pemilu 2024 agar pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia itu bisa berjalan dengan jujur dan transparan.
 
"Kami berharap publik ikut melakukan pengawasan, pemantauan dan pengawalan tahapan Pemilu 2024. Jika menemukan dugaan pelanggaran, dipersilakan melapor ke Bawaslu, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Jateng," kata Komisioner Bawaslu Jateng, Rofiuddin, di Semarang, Jumat, 12 Agustus 2022.
 
Baca: Bawaslu Jepara Luncurkan Film Dunduman

Dia menjelaskan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik sebagai peserta Pemilu 2024 sudah dimulai dan KPU telah membuka masa pendaftaran parpol sebagai peserta pemilu pada 1-14 Agustus 2022.
 
Terkait dengan hal itu, Bawaslu Jateng terus melakukan pengawasan terhadap tahapan tersebut, serta melakukan berbagai upaya pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran dan tidak terjadi potensi sengketa proses dalam tahapan pendaftaran partai politik peserta pemilu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan Bawaslu Jateng adalah dengan mengirimkan surat bernomor 102 /PM.00.01/K.JT/08/2022 tentang surat imbauan kepada pimpinan partai politik di tingkat Jawa Tengah.
 
"Bawaslu Jateng mengimbau parpol harus memperhatikan ketentuan sebagaimana Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, memperhatikan jadwal verifikasi administrasi dan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu tahun 2024 sebagaimana PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024," ujarnya.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif