Ilustrasi mudik lebaran. MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi mudik lebaran. MI/Bary Fathahillah

9 Pos Mudik Lebaran di Kota Tangerang Beroperasi 14 Hari

Nasional Mudik Lebaran Kota Tangerang Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Hendrik Simorangkir • 20 April 2022 18:50
Tangerang: Polres Metro Tangerang Kota bakal mendirikan 9 pos mudik Lebaran 2022. 9 pos tersebut akan beroperasi mulai H-7 hingga H+7 usai lebaran.
 
"9 pos itu terdiri dari empat pos pengamanan, empat pos pelayanan, dan satu pos terpadu. Pos itu akan beroperasi selama 14 hari," ujar Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Komarudin, Rabu, 20 April 2022.
 
Baca: Polda Jateng Waspadai Kejahatan Modus Gendam Saat Mudik

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komarudin menuturkan pos pengamanan didirikan untuk memantau pergerakan warga yang mudik agar tidak terjadi kemacetan. Sedangkan pos pelayanan beroperasi guna memberikan pelayanan kepada para warga yang mudik.
 
"Kita nanti sebar pos di sembilan titik yang berbeda, tentunya dengan karakteristik dan wilayah yang berbeda-beda. Kita akan menerjunkan sebanyak 600 anggota kepolisian di sembilan posko tersebut," jelasnya.
 
Komarudin menjelaskan pihaknya tengah melakukan survei lokasi untuk mendirikan kesembilan pos tersebut. Namun, lanjutnya, ada satu lokasi yang pasti untuk didirikan pos, guna memberikan pelayanan ke pemudik.
 
"Kita akan dirikan satu pos pelayanan di Jatiuwung. Di sana didirikan untuk antisipasi pemudik roda dua yang akan ke Sumatera dari (Pelabuhan) Merak, karena diprediksi di titik itu jadi lelahnya pengendara. Di pos pelayanan itu nantinya akan bisa digunakan oleh pemudik untuk beristirahat," ungkapnya.
 
Komarudin memperkirakan akan ada sekitar 1.000 personel gabungan yang akan dikerahkan untuk bersiaga di sembilan posko itu. Di pos tersebut akan diisi petugas gabungan dari Polri, TNI, dan instansi terkait yang berkesinambungan dalam pengamanan.
 
"Perkiraan seluruhnya nanti bisa 1.000 personel kita siapkan. Mengingat kita ada tambahan pos dibanding dengan tahun lalu. Jadi kita ada penambahan sekarang," bebernya.
 
Selain itu Komarudin menambahkan pihaknya akan menggelar Operasi Ketupat selama periode mudik Lebaran 2022. Selama Operasi Ketupat, pihaknya akan memprioritaskan operasi kemanusiaan.
 
"Kita operasi kemanusiaan. Operasi Ketupat ini adalah operasi kemanusiaan. Jadi kita tidak mengedepankan penindakan. Kita lebih mengedepankan edukasi, termasuk pelayanan, dan keselamatan yang diutamakan," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif