Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Banjir dan Longsor Landa Simeulue Aceh

Nasional bencana banjir
Antara • 22 Juli 2019 09:00
Meulaboh: Musibah banjir dan tanah longsor melanda sejumlah desa yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, mengakibatkan ratusan rumah terancam rusak.
 
Data yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Minggu, 21 Juli 2019 sebaran lokasi banjir di kawasan pulau terluar Aceh melanda Desa Air Dingin, Desa Suak Buluh, Desa Suka Karya, Desa Suka Maju, Desa Sinabang, Desa Lugu, Desa Linggi, Desa Sefoyan, Desa Ganting, Desa Kuala Makmur, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.
 
"Ketinggian air rata-rata mencapai 80 hingga 100 centimeter," kata Kepala BPBA, Teuku Ahmad Dadek saat dikonfirmasi, Minggu, 21 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ahmad menjelaskan banjir juga melanda dua desa di Kecamatan Teupah Tengah masing-masing di Desa Abail dan Desa Nancawa. Kemudian tiga desa di Kecamatan Teluk Dalam masing-masing Desa Kuala Baru, Desa Luan Balu serta Desa Kuala Bakti, serta satu desa di Desa Leubang Hulu, Kecamatan Teupah Barat, kabupaten setempat.
 
Tidak hanya itu, bencana alam tersebut juga menyebabkan beberapa titik longsor yang berdampak rusaknya rumah penduduk yaitu di Desa Air Dingin dan Desa Suka Karya, Kecamatan Simeulue Timur.
 
Menurut Ahmad genangan banjir tersebut berasal dari luapan air dari beberapa sungai yang meluap disebabkan curah hujan yang sangat deras.
 
Pihaknya melalui BPBD Simeulue juga masih melakukan pendataan terkait dampak yang ditimbulkan akibat bencana alam ini, sekaligus mendata jumlah korban yang rumahnya terendam banjir, agar segera dilakukan upaya penanganan darurat bencana sesuai prosedur yang berlaku, tutupnya.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif