Kepala Bidang Peguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinsospermades Kabupaten Jepara, Ferry Yudha. Medcom.id/ Rhobi Shani
Kepala Bidang Peguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinsospermades Kabupaten Jepara, Ferry Yudha. Medcom.id/ Rhobi Shani

Jepara Pastikan Tak Ada Desa Siluman

Nasional dana desa
Rhobi Shani • 08 November 2019 17:25
Jepara: Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tak menemukan dana desa yang dikucurkan kepada desa siluman. Sampai saat ini jumlah desa di Kabupaten Jepara sebanyak 184.
 
Kepala Bidang Peguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, Ferry Yudha Adi Darma, mengatakan kucuran anggaran dana desa dari pemerintah pusat terdistribusikan kepada 184 desa di Kota Ukir.
 
"Tidak ada, kami tidak menemukan (desa siluman). Sebab ada Perda (peraturan daerah) pembentukan desa. Kemudian sebelum penyaluran dana desa ada syarat-syarat yang harus dipenuhi," kata Ferry, saat dikonfirmasi, Jumat, 8 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ferry menjelaskan sebelum desa menerima dana desa ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi lebih dahulu. Penyaluran dana desa tahap I dilaksanakan pada Februari atau Maret. Salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu desa telah menetapkan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes).
 
"Penyaluran tahap II nanti di bulan April. Salah satu syaratnya, harus sudah menyelesaikan SPJ tahun sebelumnya selama setahun," jelas Ferry.
 
Kemudian penyaluran dana desa tahap III pada Agustus. Syaratnya pemerintah desa sudah membuat laporan realisasi dana desa tahap I dan II, minimal 75 persen dana desa terserap.
 
"Kalau serapan tahap I dan II belum 75 persen, maka penyaluran tahap III tertunda. Seperti sekarang, penyaluran tahap III yang mestinya Agustus baru bisa bulan ini," ungkap Ferry.
 
Serapan dana desa tahap I dan II tahun ini masih didominasi untuk alokasi infrastruktur. Dari Rp114 milir dana desa yang sudah direalisasikan pada tahap I dan II, sebanyak 70 persen dialokasikan untuk infrastruktur.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif