Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau meninjau Bendung Cisadap di Desa Buara dan Desa Cikeusal Lor Kecamatan Ketanggungan.. Foto: MI/Supardji Rasban
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau meninjau Bendung Cisadap di Desa Buara dan Desa Cikeusal Lor Kecamatan Ketanggungan.. Foto: MI/Supardji Rasban

Ganjar Sebut Kerusakan Lahan Picu Banjir Brebes

Nasional bencana banjir
Supardji Rasban • 14 Januari 2020 19:31
Brebes: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau sejumlah tempat terdampak banjir di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada Selasa sore, 14 Januari 2020. Ganjar menyebut banjir bukan hanya karena jebolnya tanggul sungai Babakan, namun juga kerusakan lahan.
 
"Banjir di wilayah Kecamatan Ketanggungan ini akibat adanya tanggul jebol. Tapi mau diperbaiki seperti apa itu tidak bisa menahan limpasan air dari atas, karena kerusakan di bagian hulu sungai sudah sangat parah," ujar Ganjar di Bendung Cisadap, Ketanggungan, Brebes, Selasa, 14 Januari 2020.
 
Ganjar menuturkan berdasarkan laporan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung, terdapat 379 titik rawan banjir di kawasan sungai tersebut. Di antaranya berada di wilayah Brebes yakni sebanyak 49 titik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya minta kegiatan reboisasi bagian hulu sungai dipercepat, agar bencana semacam ini tidak terulang lebih parah lagi," ucap Ganjar.
 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes diminta segera memetakan wilayah yang mengalami kerusakan di bagian hulu. Tindakan harus segera dilakukan.
 
"Langsung dipetakan, cek wilayah mana saja dan seberapa parah kerusakannya dan laukkan penanaman pohon," perintah Ganjar.
 
Dia juga meminta semua kegiatan di hulu baik penambangan, galian C yang tidak sesuai aturan harus ditertibkan. Satpol PP harus membantu mengawasi.
 
"Semua harus terlibat, tidak mungkin hanya selesai apabila pemerintah yang melakukan. Ayo masyarakat peduli dengan bareng-bareng mengembalikan ekosistem di bagian hulu, perbaikan tanggul di median dan perbaikan aliran di hilir," jelas Ganjar.
 
Bupati Brebes Idza Priyanti menyampaikan akan langsung menerjunkan tim untuk melakukan pemetaan. Pihaknya akan menggandeng seluruh lapisan masyarakat dan pelajar.
 
"Besok, kami akan langsung lakukan penanaman dengan menggandeng karang taruna dan para pelajar di Brebes," ujar Idza.
 
Sejumlah desa di Brebes dilanda banjir beberapa pekan lalu. Banjir dikarenakan jebolnya tanggul sungai Babakan di Desa Ketanggungan dan Desa Cikeusal Lor Kecamatan Ketanggungan.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif