Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Khofifah Sebut Banyak Pemotongan Ayam di Jatim Tak Sesuai Fikih

Nasional daging ayam
Daviq Umar Al Faruq • 14 Juli 2019 18:06
Malang: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan proses pemotongan ayam di sejumlah Rumah Potong Ayam (RPA) di Jawa Timur tidak sesuai prosedur. Sebab, juru penyembelihan saat ini masih fokus untuk penyembelihan sapi.
 
"Ayam proses penyembelihannya agak teledor. Kurang mengikuti norma-norma fikihnya," katanya di Malang, Jawa Timur, Minggu, 14 Juli 2019.
 
Khofifah mengaku telah menyurvei penyembelihan ayam secara random. Hasilnya, ditemukan sejumlah pemotongan ayam yang tak sesuai prosedur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ternyata ya pokoknya asal ada goresan di leher kemudian di siram air panas. Itu yang saya dapatkan dari beberapa random yang saya lakukan," bebernya.
 
Dia menegaskan perlu ada lembaga yang dapat memeriksa makanan halal, baik dari sumbernya maupun proses penyembelihan. Hal itu untuk membangun masyarakat Indonesia sehat lahir batin, sehat jasmani dan rohani.
 
Salah satu yang dimaksud Khofifah adalah Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Halal Center milik Pesantren Bahrul Maghfiroh, Kota Malang, Jawa Timur. Menurutnya lembaga tersebut adalah kebutuhan masyarakat dan kebutuhan Pemprov Jawa Timur.
 
"Kita sedang mencari siapa yang akan menjadi leading sector di antara proses penyiapan itu. Karena juru penyembelihan sapi makin bertambah, kita harus melakukan training ulang bagaimana menjadi juru sembelih yang halal," jelasnya.
 
Khofifah mencontohkan, di Tokyo, Jepang, telah menginisiasi adanya makanan halal. "Maka kemudian perkembangan perbankan syariah di Tokyo hari ini luar biasa pesatnya. Banyak hal yang kita memang harus belajar dan berbenah dan siap untuk melakukan improvement di banyak lini," pungkasnya.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif