ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi.
ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi.

Abdi Dalem Kraton Yogya Diduga Melecehkan Mahasiswi

Nasional pelecehan seksual
Ahmad Mustaqim • 12 November 2019 20:55
Yogyakarta: Seorang abdi dalem Keraton Yogyakarta, SW, diduga melakukan pelecehan seksual di kawasan Alun-alun Utara Yogyakarta, Minggu, 10 November 2019.Peristiwa itu sempat ditangani Forum Komunitas Alun-alun Utara (FKAAU). Lelaki 68 tahun itu lantas sempat ditangkap FKAAU tak lama usai kejadian.
 
Sekretaris FKAAU Kresnadi mengatakan saat melakukan tindakannya, SW mengenakan peranakan atau pakaian khas abdi dalem Keraton Yogyakarta. Menurut dia, SW semula berjarak cukup jauh dari sekelompok mahasiswi.
 
Kresnadi mengatakan ada sebanyak tiga mahasiswa yang saat itu berkumpul di Alun-alun Utara. Tiba-tiba SW mendekati salah satu mahasiswi, yakni SA, MDA, dan E.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


SW sempat berbincang dengan mahasiswi itu. "Sambil merayu (SW) mendekati salah satu mahasiswi dan mencoba memegang tangan mahasiswi berinisial SA," ujar Kresnadi dihubungi, Selasa, 12 November 2019.
 
Kresnadi menerangkan SA sempat menolak perlakuan SW. Namun SW kemudian mendekati E yang berada di dekat SA. Menurut dia SW meminta salah satu mahasiswi itu memegang alat kelaminnya.
 
Ketiganya sontak memberontak dan meninggalkan lokasi. Mereka lantas menjauh dan sempat menangis. "Habis itu diantar tukang parkir di pos pengamanan," je;as Kresnadi.
 
Tiga mahasiswi itu kemudian menceritakan kepada Kresnadi dan anggota FKAAU. Pihaknya kemudian mencari SW dan dibawa ke kantor FKAAU.
 
Kapolsek Gondomanan, Komisaris Purwanto mengatakan belum ada laporan resmi soal peristiwa itu. Namun, Purwanto mengakui mengetahui informasi peristiwa tersebut.
 
"Kami belum ada laporan. Kasus ini delik aduan. Kami tak bisa memproses kalau tak ada laporan," kata Purwanto.
 
Penghageng Kawedanan Panitrapura Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono mengonfirmasi kebenaran seorang abdi dalem melakukan pelecehan seksual. Ia mengatakan pihak Keraton Yogyakarta akan bertindak tegas. "Kami sudah koordinasikan" ucapnya.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif