Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Foto: Medcom.id/Roni K)
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Foto: Medcom.id/Roni K)

Wacana ASN Dilarang Bercadar Diminta Dikaji Dulu

Nasional pns ASN
Roni Kurniawan • 04 November 2019 11:11
Bandung: Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta Menteri Agama, Fachrul Razi, melakukan kajian terlebih dulu terkait larangan penggunaan niqab atau cadar di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu guna memastikan aturan bisa diterima oleh seluruh masyarakat terutama ASN.
 
"Kalau saya minta ada kajian dulu sebelum itu ditetapkan," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 4 November 2019.
 
Oded menyarankan Kementerian Agama menggandeng masyarakat juga para ulama dan akademisi sebelum menerapkan aturan itu. Sosialisasi juga perlu dilakukan agar semua pihak bisa menerima tak menimbulkan kesalahpahaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ajak semua para ulama, supaya kebijakan itu betul-betul komprehensif. Saya sampai sekarang belum ada sosialisasi karena baru baca di media soal wacana itu," bebernya.
 
Oded mengaku belum mendapatkan laporan terkait adanya ASN di lingkungan Pemkot Bandung yang menggunakan cadar saat melaksanakan tugas. Namun pihaknya memastikan akan ikut aturan pemerintah pusat soal seragam ASN termasuk jika aturan larangan cadar sudah ditetapkan.
 
"Tapi saya juga ingin pemerintah pusat (Kemenag) ada kajian. Jadi ketika diterapkan, apa pun kebijakannya baik," pungkas dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif