Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Foto: Medcom.id/Roni K)
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Foto: Medcom.id/Roni K)

Pemkot Bandung Kaji Pembentukan BPBD

Nasional penanggulangan bencana
Roni Kurniawan • 04 November 2019 13:39
Bandung: Pemerintah Kota Bandung masih mengkaji pembentukkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Hingga kini urusan bencana masih di bawah kendali Dinas Pemadam Kebakaran dan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.
 
Wali Kota Bandung Oded M Danial ingin pembentukan BPBD sesuai dengan aturan perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK). Oded pun mengakui Bandung membutuhkan BPBD untuk fokus menanggulangani bencana.
 
"Saya minta ke Kabag SOTK agar dikaji karena memang Kota Bandung selama ini belum punya karena masih menjadi bidang saja," ujar Oded di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin, 4 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oded mengatakan Kota Bandung cukup mendapat sorotan soal penanganan bencana lantaran tak memiliki BPBD secara kelembagaan. Imbasnya, Kota Bandung tak pernah mendapatkan dana bantuan penanggulangan bencana.
 
"Seandainya ada perubahan harus SOTK yang baru. Ke depan kita akan kaji," sambungnya.
 
Oded menyebut tak bisa memastikan kapan BPBD bisa terbentuk. Kajian yang dilakukan akan menjadi acuan termasuk sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Pemkot Bandung.
 
"Apa pun hasilnya, nanti lihat dari kajian. Tapi kalau untuk sumber daya manusianya kita sudah siap, sudah ada," tegasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif