Polisi di lokasi gantung diri dosen UGM.  Sumber: Kapolsek Mergangsang
Polisi di lokasi gantung diri dosen UGM. Sumber: Kapolsek Mergangsang

Dosen UGM Bunuh Diri

Nasional bunuh diri
Patricia Vicka, Ahmad Mustaqim • 16 Agustus 2019 10:42
Yogyakarta: Seorang dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Budi Setiyanto tewas bunuh diri. Budi tewas dengan cara gantung diri di rumahnya RT 055 RW 17 Nyutran, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Kapolsek Mergangsan, Komisaris Tri Wiratno, mengatakan timnya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Dari hasil sementara, Budi berstatus dosen di Fakultas Teknik Elektro UGM.
 
"Dari identitas di lokasi kejadian, identitasnya (Budi) lahir di Purworejo, 21 Desember 1964. Hasil identifikasi sementara, karena gantung diri," kata Tri saat dihubungi, Kamis, 15 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, seorang saksi bernama Yuli Setiyanti dan Suparno sempat berkomunikasi dengan Budi, sebelum kejadian. Percakapan saksi dengan Budi terjadi sekitar pukul 9.00 WIB. Sementara, peristiwa gantung diri terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.
 
Kepada polisi, Yuli mengaku pergi mencari kebutuhan sayur usai berkomunikasi dengan Budi. Pulang dari belanjang, Yuli mengetahui Budi sudah dalam posisi gantung diri.
 
Yuli lantas meminta bantuan Suparno dan warga sekitar menurunkan Budi yang masih terikat tali di teras rumah. "Kondisinya sudah pucat dengan ciri khas pelaku gantung diri," kata Tri.
 
Tri belum bisa memastikan penyebab Budi mengakhiri hidupnya. Keterangan yang kepolisian peroleh, Budi sedang didera penyakit yang sudah berusia tahunan.
 
Tri enggan berspekulasi jauh soal kasus itu. Ia mengatakan masih menunggu keterangan pihak keluarga setelah masa duka terlalui.
 
"Dugaannya depresi karena penyakit tak kunjung sembuh. Infonya yang bersangkutan bulan Maret-April kemarin sempat observasi ke (Rumah Sakit) Puri Nirmala," ungkapnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif