Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Warga Kademangan Diminta Waspada Longsor Susulan

Nasional bencana longsor
Farhan Dwitama • 03 Desember 2019 10:49
Tangerang: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengindikasikan adanya pergerakan tanah sebelum insiden longsor di Kademangan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Banten. Warga diminta waspada bencana longsor susulan.
 
"Terbukti dengan bangunan ruko dan kontrakan yang retak di lantai dan dinding, sehingga ini harusnya menjadi warning," kata Kabag Program dan Anggaran Pusat Teknologi Reduksi Resiko Bencana BPPT, Nur Hidayat, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Nur bersama tim BPPT lainnya telah meninjau lokasi setelah longsor kemarin. Nur mengingatkan warga waspada potensi longsor susulan yang ditandai adanya retakan atau pergerakan tanah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang perlu diwaspadai adalah pola retakan yang menerus sejajar tebing, ini bisa berpotensi mempercepat gerakan tanah saat hujan turun," jelasnya
 
Dia menerangkan pergerakan tanah juga beberapa kali terjadi. Dia mengungkap sejumlah warga menceritakan tebing dengan ketinggian kurang lebih 10 meter itu telah menunjukkan bekas diterjang longsor dan sejumlah pohon bambu yang merosot dari tebing ke bawah.
 
"Masyarakat yang tinggal di kawasan longsor waspada saat hujan, kendaraan berat dilarang melintas di lokasi longsor. Kemudian buat saluran air dari atas, agar air tidak meresap ke dalam tanah dan mempercepat terjadinya pergerakan tanah," bebernya.
 
Dia menyarankan agar pohon bambu di bibir jurang untuk ditebang. Dia menilai adanya pohon bambu malah menambah beban di puncak tebing.
 
Insiden longsor terjadi di Kademangan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, menewaskan satu orang warga, Anggi, 26. Sementara anak korban yang masih balita, kritis akibat tertimbun material longsor. Lokasi longsor merupakan area perbukitan dengan tebing curam mencapai 10 meter.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif