Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono. Foto: medcom.id/Rhobi Shani
Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono. Foto: medcom.id/Rhobi Shani

Penghapusan UN Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan

Nasional Ujian Nasional
Rhobi Shani • 13 Desember 2019 14:38
Jepara: Penghapusan Ujian Nasional (UN) disebut sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mendukung langkah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengganti UN dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.
 
“Jadi (penghapusan UN) tidak mengurangi kualitas pendidikan,” ujar Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono, Jumat, 13 Desember 2019.
 
Penghapusan UN memangkas sejumlah pos anggaran. Sehingga, pos anggaran yang dipangkas dapat dialihkan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Anggaran biaya UN itu banyak. Nah, itu nanti dipangkas untuk meningkatkan kualitas guru yang kompetensinya kurang,” kata Agus.
 
Penyelenggaraan UN tahun 2021 akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Terdiri atas kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.
 
“Belajar Merdeka arahnya nanti kesana dan kami masih menunggu. Tapi mulai dari sekarang akan kami siapkan,” ungkap Agus.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif