Jembatan Kapuas  --ANTARA/Jessica Wuysang
Jembatan Kapuas --ANTARA/Jessica Wuysang

​Kendaraan Bawa Barang Dilarang Lewat Jembatan Kapuas

Nasional jembatan
06 September 2014 13:00
medcom.id, Pontianak: Kendaraan roda empat ke atas atau mobil tertutup membawa barang dilarang melewati Jembatan Kapuas I, setelah dibukanya kembali jembatan itu pada Kamis (4/9).
 
"Jembatan Kapuas I hanya boleh dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat pribadi, untuk roda mobil tertutup atau roda empat keatas yang bermuatan barang tidak diperbolehkan melewati Jembatan Kapuas I," kata , kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji, Sabtu (6/9).
 
Ia menjelaskan larangan tersebut sesuai dengan surat keputusan gubernur Kalimantan Barat, demi keamanan dan kelancaran arus lalu lintas di Jembatan Kapuas I.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau ada mobil roda empat ke atas atau mobil tertutup yang nekat melewati Jembatan Kapuas I, silakan masyarakat mencatat nomor polisi kendaraan itu, lalu kemudian laporkan pada pihak kepolisian untuk diproses hukum," ujarnya.
 
Bila perlu, menurut Sutarmidji, masyarakat menahan mobil yang membawa barang tersebut, untuk diserahkan pada pihak kepolisian agar diproses hukum.
 
Sebelumnya, Agustus 2013 tiang utama Jembatan Kapuas I Pontianak juga ditabrak sebuah ponton yang bermuatan bauksit sekitar 5.000 kubik dari Tayan, Kabupaten Sanggau, sehingga jembatan itu sempat berguncang keras dan juga mengakibatkan rangka tiga dan empat atau persis di tengah-tengah jembatan itu bergeser hingga 10 sentimeter.
 
Peristiwa itu membuat Pemerintah Provinsi Kalbar sempat menutup beberapa bulan jembatan itu, sehingga hanya boleh dilewati oleh kendaraan roda dua.
 
Data Polda Kalbar mencatat sepanjang tahun 2013 terjadi tiga kasus penabrakan tiang fender dan tiang utama oleh ponton sehingga menyebabkan Jembatan Kapuas I ditutup untuk sementara waktu karena dilakukan perbaikan oleh Kementerian PU.
 
Kemudian Maret 2014 Jembatan Kapuas I kembali ditabrak oleh oleh sebuah ponton yang sedang mengangkut minyak dari arah hulu Sungai Kapuas Pontianak. (Ant)
 

(ADF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif