Ilustrasi penumpang kereta api jarak jauh saat mudik lebaran - - Foto: MI/ Pius Erlangga
Ilustrasi penumpang kereta api jarak jauh saat mudik lebaran - - Foto: MI/ Pius Erlangga

Penumpang KAI Commuter Jabodetabek Melonjak Sepekan Menjelang Lebaran

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Farhan Dwitama • 29 April 2022 21:10
Tangerang: Lalu lintas pergerakan penumpang KA Commuter Jabodetabek mengalami lonjakan dalam sepekan terakhir. Hal itu terlihat dari tren kenaikan volume penggunanya, terutama untuk tujuan Tanah Abang.
 
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan adanya tren kenaikan jumlah volume pengguna KRL Jabodetabek dalam satu minggu terakhir menjelang lebaran.
 
"Kenaikannya sebesar 11 persen atau rata-rata pengguna KAI commuter pada minggu ini sebanyak 622.732 pengguna per harinya. Sedangkan untuk rata-rata pengguna minggu lalu sebanyak 560.715 pengguna per hari," kata Anne saat dikonfirmasi, Jumat, 29 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Catat! Perubahan Rekayasa Lalu Lintas Mudik Lebaran 2022
 
Dari data tersebut, KAI Commuter mencatat pengguna KRL Jabodetabek, tertinggi pada Senin, 25 April dengan jumlah penumpang sebanyak 650.029 orang.
 
"Sedangkan stasiun dengan volume tertinggi yaitu Stasiun Tanah Abang, dengan rata-rata pengguna selama satu minggu terakhir sebanyak 44.721 pengguna," jelasnya.
 
Dengan capaian angka sebesar itu, Anne, mengungkapkan kalau jumlah volume penumpang pada periode tersebut lebih besar 9 persen dibandingkan dengan rata-rata pengguna pada minggu lalu yaitu sebanyak 41.161 pengguna.
 
Menjelang lebaran tahun ini, kenaikan volume kata Anne, juga terjadi pada lalu lintas pergerakan KA lokal tujuan Merak, dari stasiun relasi Rangkasbitung.
 
"Untuk Volume pengguna KA lokal Merak relasi Merak-Rangkasbitung Pergi - pulang pada satu minggu terakhir, tercatat rata-rata sebesar 4.768 pengguna per hari. Data tersebut mengalami kenaikan sebesar 24 persen dibandingkan pada minggu sebelumnya yaitu sebanyak 3.847 pengguna per hari.
 
Dia menyebutkan, untuk layana KA Lokal Merak, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan KA Lokal Merak per hari dengan kapasitas angkut sebanyak 9.324 pengguna perharinya.
 
"Dengan jam operasional mulai pukul 04.50 – 23.30 WIB, pelayanan KA Lokal dilayani dengan dua rangkaian kereta dengan masing-masing 6 kereta kelas ekonomi pada tiap rangkaiannya," ujar Anne.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif