14 Kota Segera Punya Lapas Anak
Anak Didik Lapas (Andikpas) mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Lapas Anak Palembang, Sumsel, Senin, 20 Maret 2018. Foto: Antara/Feny Selly
Tangerang: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM akan membangun Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di 14 kota di Indonesia. Pembangunan itu bakal dibangun dengan konsep yang berbeda dari biasanya.

"Hal itu sebagai bentuk kepedulian negara terhadap anak-anak sekaligus dalam upaya memberikan pembinaan secara khusus bagi anak," ujar Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di LPKA Kelas 1A Tangerang, Selasa 17 April 2018.

Lapas anak yang akan dibangun tidak berjeruji dan bertembok yang memisahkan anak binaan. Ini untuk menciptakan psikologi yang lebih positif bagi anak.


"Agar anak-anak merasa seperti tidak sedang berada di dalam penjara," katanya.

Kepala bagian Program dan Pelaporan Ditjen PAS Itun Wardatul Hamro menjelaskan, sepuluh dari 14 lapas segera dibangun pada 2018. Sepuluh kota tersebut yakni Medan, Samarinda, Martapura, Ambon, Manokwari, Mamuju (Sulbar), Jogja, Palangkaraya, Pekanbaru, dan Palu.

Sedangkan pembangunan empat kota lainnya akan dibangun pada tahun 2019 karena tekendala lahan untuk pembangunan.

"Empat kota yang masih dicarikan lahannya yakni Papua, Jakarta, Kendari, dan Bengkulu," pungkasnya.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id