Kondisi jalan Nasional Pontianak - Putussibau, di Kecamatan Kalis wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang terendam banjir. ANTARA/Timotius
Kondisi jalan Nasional Pontianak - Putussibau, di Kecamatan Kalis wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang terendam banjir. ANTARA/Timotius

Sejumlah Wilayah di Kapuas Kembali Terendam Banjir

Nasional bencana banjir
Antara • 15 Juli 2020 19:41
Putussibau: Curah hujan yang cukup tinggi di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, membuat Sungai Kapuas kembali meluap. Sejumlah wilayah sudah terendam banjir khususnya di sejumlah titik Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Kalis, Bika, Embaloh Hilir dan pesisir Sungai Kapuas.
 
"Yang kami khawatirkan banjir besar, karena debit air ini cukup cepat masuk, bahkan sebagian rumah di Teluk Barak sudah terendam," kata warga Teluk Barak, Harrun, di Kelurahan Kedamin Hilir, Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Rabu, 15 Juli 2020.
 
Baca: Pemkot Surabaya Berlakukan Jam Malam

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harrun menjelaskan air masuk ke pemukiman sejak pukul 07.00 WIB dan hingga saat ini debit air semakin naik dengan rata-rata kedalaman sekitar tiga hingga empat meter.
 
"Mudah-mudahan malam ini tidak naik lagi, kami khawatir banjir besar karena air begitu cepat," jelas Harrun.
 
Sementara Ketua Tagana Kapuas Hulu, M Hatta, saat meninjau banjir di sejumlah titik, mengatakan kondisi air terus naik. Sejumlah rumah penduduk di daerah Putussibau Selatan dan Putussibau Utara sudah ada yang terendam banjir.
 
"Kami minta masyarakat waspada banjir besar karena sejumlah sungai terutama sungai Kapuas meluap dan banjir mulai merata di sejumlah wilayah Kapuas Hulu," ujar Hatta.
 

(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif