Warga Tejoagung swadaya bangun posko relawan covid-19 Antara/HO/Hendra Kurniawan
Warga Tejoagung swadaya bangun posko relawan covid-19 Antara/HO/Hendra Kurniawan

Warga Tejoagung Lampung Swadaya Bangun Posko Covid-19

Nasional Virus Korona
Antara • 15 Mei 2020 19:27
Lampung: Warga Kelurahan Tejoagung, Metro Timur, Bandar Lampung, secara swadaya membangun posko relawan covid-19 di kantor kelurahan untuk mendata pendatang. Pembangunan posko dilakukan agar tidak ada pendatang yang lolos dari pemeriksaan.
 
"Jadi untuk pelaporan, setiap warga pendatang khususnya dari daerah merah akan didata dan dilaporkan ke dinas kesehatan maupun ke gugus tugas tingkat kota," kata Wakil Sekretaris Posko Relawan covid-19 Tejoagung, Novita, saat dikonfirmasi, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Baca: Kasus Positif Covid-19 di Sumsel Bertambah 17

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Novita menjelaskan relawan yang akan berjaga di posko terdiri atas RT, RW, karang taruna, Linmas dan lainnya secara bergantian. Selain mendata pendatang, posko relawan covid-19 ini juga mendata warga kurang mampu di kelurahan setempat yang masih belum menerima bantuan dari pemerintah.
 
Nantinya warga yang belum mendapat bantuan akan diberikan bantuan dari posko tersebut. Bantuan yang diberikan berasal dari sumbangan warga lain yang sudah mampu.
 
"Sudah banyak sumbangan dari warga yang sudah terkumpul di posko ini. Nanti akan kita bagikan kepada warga yang benar-benar tidak mampu tetapi belum mendapat bantuan dari pemerintah," jelas Novita.
 
Setiap hari Jumat, posko relawan covid-19 ini juga akan membagikan nasi kotak dan sayur hasil masakan warga dibantu kader PKK kepada warga yang kurang mampu.
 
Sementara Lurah Tejoagung, Suparyono, menuturkan pihaknya sudah menyiapkan kantor PKK dan Posyandu yang nantinya akan dijadikan tempat isolasi mandiri.
 
"Sudah kami siapkan. Bagi warga Tejoagung yang baru datang dari daerah merah akan diisolasi di kantor PKK maupun Posyandu," kata Suparyono.
 
Dia mengimbau masyarakat Tejoagung untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah, memakai masker, dan menerapkan physical distancing.
 
"Apabila ada keperluan penting keluar rumah. Sering mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir. Ini bentuk kebersamaan warga memerangi covid-19 khususnya di Kelurahan Tejoagung," pungkas Suparyono.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif