Hadi Pranoto, peneliti asal Indonesia yang berhasil membuat obat herbal antibodi covid-19. (Lampost.co/Andi Apriyadi)
Hadi Pranoto, peneliti asal Indonesia yang berhasil membuat obat herbal antibodi covid-19. (Lampost.co/Andi Apriyadi)

Hati-hati dengan Hadi Pranoto

Nasional Virus Korona Hadi Pranoto
Lukman Diah Sari • 03 Agustus 2020 13:25
Jakarta: Nama Hadi Pranoto yang mengklaim berhasil menemukan obat herbal covid-19 tengah ramai. Nama Hadi Pranoto bukan sekali ini dibicarakan, sebelumnya nama Hadi Pranoto ramai gara-gara geger mengundang Rhoma Irama untuk hajatan di kawasan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
 
Hadi Pranoto ialah anak angkat Surya Atmaja selaku penyelenggara acara khitanan yang menghadirkan Pedangdut Rhoma Irama di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 28 Juni 2020. Akibat acara khitanan tersebut, warga Pamijahan harus dites cepat covid-19.
 
"Maaf yang sebesar-besarnya kepada Pemda, Gugus Tugas Covid-19 tingkat daerah maupun nasional karena keluarga kami mengadakan acara khitanan di saat covid-19 masih mewabah di Indonesia," kata Hadi, Rabu, 1 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Hadi Pranoto Tak Tercatat di Basis Data IDI
 
Polres Bogor juga memeriksa tiga saksi terkait acara khitanan di Desa Cibunian yang menjadi lokasi pentas Pedangdut Rhoma Irama.
 
"Ada tiga (saksi). Dari camat, keluarganya Surya Atmaja, dan dia sendiri (Surya Atmaja)," ungkap Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, Rabu, 1 Juli 2020.
 
Kini, nama Hadi kembali ramai lantaran klaim obat herbal covid-19. Hadi tampak meyakinkan saat menyebut covid-19 adalah perkembangan dari jenis virus korona sebelumnya.
 
Menurutnya, virus korona sudah ada sejak 1940. Ada beberapa jenis virus korona yang mewabah sebelum covid-19, yakni SARS dan MERS-Cov.
 
"Penelitian terhadap virus korona telah dilakukan bersama tim sejak 2000. Dalam penelitian itu berhasil ditemukan tumbuh-tumbuhan yang mampu melawan covid-19. Bahan itu hanya ada di Indonesia, yakni di tanah Jawa," ujar Hadi dalam wawancara khusus dengan Lampost.co, akhir pekan lalu.
 
Baca:Hadi Pranoto Tidak Pernah Jadi Peneliti Covid-19 di Kemenristek
 
Hadi menyatakan membuat herbal anticovid-19 lewat tumbuh-tumbuhan. Dia menyebut herbal ini telah dibagikan ke sejumlah kalangan yang telah terkonfirmasi positif covid-19. Hampir seluruh pasien diklaim berhasil sembuh usai mengonsumsi herbal anticovid-19.
 
"Usai meminum herbal anticovid-19 ini paling lama adalah empat hari untuk mencapai kesembuhan," ucap dia.
 
Dia menyebut, herbal ini juga diminati beberapa negara. Bahkan, klaim dia, ada beberapa negara yang sudah berkomunikasi untuk mengimpor herbal tersebut. Namun, dia belum mau menjual atau mengekspor herbal ke negara lain.
 
"Karena saat ini produksi herbal hanya didedikasikan kepada masyarakat Indonesia. Ini menjadi momen Indonesia bangkit kembali dan menunjukkan diri di mata dunia," tegas dia.
 
Baca:Klaim Obat Covid-19 Hadi Pranoto, Kemenristek Minta Masyarakat Hati-hati
 
Sementara itu, nama Hadi Pranoto tidak tercatat dalam basis data Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Hadi pun disebut bukan anggota IDI.
 
"Datanya tidak ditemukan dan tidak terdaftar di database IDI online," kata Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Halik Malik kepada Medcom.id, Senin, 3 Agustus 2020.
 
Jadi, harap hati-hati dengan klaim Hadi.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif