Ilustrasi UMKM. (Foto: Medcom.id/Hendrik)
Ilustrasi UMKM. (Foto: Medcom.id/Hendrik)

100 UMKM di Banda Aceh Disuntik Modal Usaha

Nasional pemerintah daerah UMKM UMKM Indonesia
Fajri Fatmawati • 28 Oktober 2020 12:21
Banda Aceh: Sebanyak 100 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Banda Aceh, Aceh, mendapatkan bantuan modal usaha berupa peralatan dan uang tunai senilai Rp1 juta.
 
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengatakan bantuan senilai Rp1 juta diberikan kepada pelaku UMKM terdampak covid-19.
 
"Bantuan dana ini diberikan bagi pelaku UMKM yang belum tersentuh bantuan apa pun dari pemerintah," kata Aminullah, Rabu, 28 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Pemkot Banda Aceh juga memberikan bantuan peralatan kerja dan becak bersumber dari alokasi dana aspirasi dewan bagi 40 pengusaha kecil lainnya.
 
"Apa saja yang bisa dibantu akan kita upayakan bagi warga yang membutuhkan. Dan mohon jangan dinilai dari segi jumlahnya," ujarnya.
 
Baca juga:Gedung DPRD Kaltim Terbakar
 
Ia berharap kepada para penerima agar dapat menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan usaha agar dapat menghasilkan.
 
"Semoga pula bisa memotivasi bapak-ibu agar mampu tetap bertahan di tengah pandemi, dan mudah-mudahan dengan upaya dan sinergitas kita semua, UMKM bisa bangkit dan menjadi tulang punggung perekonomian kota," ungkapnya.
 
Kadis Koperasi, UKM, dan Perdagangan Banda Aceh, M Nurdin, menambahkan di samping bagi yang terdampak covid-19 dan belum tersentuh bantuan, modal usaha juga diprioritaskan bagi pengusaha kecil yang sudah berkeluarga dan tidak terakses pembiayaan dari perbankan.
 
"Tahap pertama kita berikan kepada 100 penerima dan insyaallah minggu depan akan kita upayakan penyaluran bantuan modal kerja tahap kedua untuk 100 orang lagi. Bantuan akan diserahkan secara non tunai ke masing-masing akun rekening bank penerima," kata Nurdin.
 
Bantuan modal usaha tersebut merupakan perlengkapan kerja yang diberikan kepada pelaku UMKM yang bergerak di bidang usaha pembuatan kue sebanyak 10 orang dan laundry 26 orang. Serta empat unit becak motor untuk empat penerima.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif