ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemkab Malang Siapkan 20 Pos Penyekatan Mudik

Nasional Mudik Lebaran pandemi covid-19 protokol kesehatan Ramadan 2021
Daviq Umar Al Faruq • 05 Mei 2021 13:10
Malang: Pemerintah Kabupaten Malang menyiapkan 20 pos pengamanan untuk penyekatan mudik Lebaran 2021. Sebanyak lima cek poin berada di pintu masuk wilayah Kabupaten Malang.
 
Cek poin itu dimulai dari exit tol Lawang, exit tol Singosari, exit tol Pakis, Sumber Pucung, Karang Kates serta Sidorenggo Kecamatan Ampelgading. Kemudian tiga pos di tempat wisata, tujuh posko mudik ditempatkan di stasiun, terminal ataupun di bandara di Kabupaten Malang dan lima posko cek poin ditempatkan di jalur-jalur tikus.
 
"Hendaknya kita harus mengambil pelajaran untuk tidak mengenal kata menyerah dalam melawan covid-19. Sedikit saja kita lengah, covid-19 bisa saja menjadi ancaman yang mengerikan, dan kita tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi," kata Bupati Malang, M Sanusi, Rabu 5 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sanusi menegaskan, perlu ada koordinasi dan sinergi antar lintas sektor dan lintas instansi di lingkup pemerintah daerah. Pasalnya, mudik Lebaran telah menjadi kebiasaan, dan tradisi di kalangan masyarakat Indonesia.
 
Baca: Masyarakat Diminta Jangan Berspekulasi Bakal Lolos Mudik
 
"Pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik untuk tahun ini. Kebijakan ini semata-mata dibuat untuk memberikan perlindungan bagi segenap masyarakat Indonesia dari ancaman covid-19," jelasnya.
 
Sanusi menambahkan, selain dengan menuntaskan program vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok, upaya prefentif lain yang dapat dilakukan yakni dengan terus-menerus mengkampanyekan protokol kesehatan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Masyarakat juga akan di berikan edukasi tentang aturan maupun ketentuan sebagai penyesuaian selama masa pandemi dan upaya penanganan mobilitas masyarakat memasuki libur Hari Raya pada masa pandemi covid-19," terangnya.
 
Pemkab Malang bersama TNI-Polri bakal melaksanakan Operasi Ketupat, pada 6 - 17 Mei 2021 sebagai langkah penyekatan secara ketat tanpa memberikan toleransi. Kemudian pada 18-24 Mei 2021 akan dilaksanakan pengamanan arus balik mudik Lebaran.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif