Ilustrasi--Kunjungan ke pusat perbelanjaan meningkat selama PSBB transisi. Foto: MI/Susanto
Ilustrasi--Kunjungan ke pusat perbelanjaan meningkat selama PSBB transisi. Foto: MI/Susanto

Pemkot Solo Izinkan Orang Tua Bawa Anak-anak Ngemal

Nasional Virus Korona Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19
Triawati Prihatsari • 14 Oktober 2020 15:39
Solo: Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, mengizinkan orang tua membawa serta anak-anak di atas lima tahun mendatangi pusat keramaian, salah satunya mal. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/ 2386 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 per 13 Oktober 2020.
 
"Sesuai SE tersebut, batasan usia anak yang diizinkan pergi ke tempat keramaian dilonggarkan. Sebelumnya di bawah 14 tahun dilarang ke mal. Sekarang di bawah lima tahun," ujar Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Menurut Ahyani kebijakan itu untuk meningkatkan kembali roda perekonomian di Kota Solo. Pasalnya, selama ini sejumlah pelaku usaha protes dengan kebijakan pelarangan anak-anak pergi ke mal di Solo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:3 Tahanan dan 1 Narapidana Rutan Banda Aceh Kabur
 
Adanya larangan tersebut membuat warga mendatangi mal wilayah lain seperti di Kabupaten Sukoharjo yang tak menerapkan pembatasan usia. Setelah dilakukan evaluasi, SE tersebut diterbitkan.
 
Terkait dengan penambahan kasus covid-19 di Solo, Ahyani mengeklaim hal itu murni karena masyarakat masih tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.
 
"Terutama tidak mengenakan masker. Apalagi penularan covid-19 yang terjadi di Solo masih seputar kontak erat dan kontak dekat. Jadi tidak masalah jika peraturan terkait batasan usia ini dilonggarkan," ungkapnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif