Bandara Internasional Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)
Bandara Internasional Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Perjalanan Kereta YIA Ditambah saat Piala Dunia U-20

Nasional Piala Dunia U-20
Patricia Vicka • 11 November 2019 21:15
Yogyakarta: Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terpilih menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Angkasa Pura (AP) 1 selaku pengelola Yogyakarta International Airport (YIA) mulai mempersiapkan diri menyambut gelaran internasional tersebut.
 
Direktur Utama AP1 Faik Fahmi mengatakan mendukung penuh berlangsungnya Piala Dunia U-20 yang dihelat di Yogyakarta. Pihaknya akan meningkatkan konektivitas transportasi dari dan menuju YIA, salah satunya menambah jumlah perjalanan kereta api dari dan menuju YIA.
 
"Kami akan coba kordinasi sama KAI untuk menambah jadwal kereta ke YIA dengan jadwal yang pasti," ujar Faik usai acara penandatanganan MOU UMKM antara Angkasa Pura 1 dengan Pemda DIY dan Bank BPD DIY Yogyakarta, Senin, 11 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia yakin momen Piala Dunia U-20 akan menarik banyak turis internasional ke Yogyakarta. AP 1 turut membangun hotel di dalam lingkungan bandara, untuk mengakomodasi para turis yang mendarat di YIA namun kesulitan mencapai kota Yogyakarta.
 
"Kami sudah bangun hotel di sekitar bandara. akhir Januari 2021 sudah selesai. Kru pesawat atau turis yang tiba malam hari bisa menginap sementara di dekat bandara," jelasnya.
 
AP 1 juga mempersiapkan sarana dan prasarana di dalam bandara untuk menyambut kedatangan pesawat maskapai internasional. Pihaknya tengah mengebut penyelesaian pembangunan bandara YIA.
 
"Kalau sudah selesai (bandara) akan mampu didarati pesawat ukuran apapun. Termasuk pesawat maskapai internasional yang berbadan besar," ujar dia.
 
Pihaknya menargetkan proyek pembangunan bandara YIA selesai Desember 2019. Saat ini pembangunan sudah mencapai 86 persen.
 
Seluruh penerbangan domestik akan dipindah dari Bandara Adisucipto, Sleman Yogyakarta pada akhir Januari 2020 bila pembagunan telah selesai. Sementara pemindahan pesawat internasional akan dilakukan pada April hingga Mei 2020.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif