Petugas kepolisian memadamkan kebakaran hutan di Wilayah Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu, 25 Agustus 2018. Medcom.id/ Nurul Hidayat.
Petugas kepolisian memadamkan kebakaran hutan di Wilayah Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu, 25 Agustus 2018. Medcom.id/ Nurul Hidayat.

Kalteng Tingkatkan Kewaspadaan Antisipasi Karhutla

Nasional kebakaran hutan
Antara • 26 Juni 2019 15:03
Palangkaraya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah meningkatkan kewaspadaan dini dalam upaya antisipasi potensi dan ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang biasa terjadi di lahan rawan terbakar. Pemprov juga sudah melakukan komunikasi dengan pihak jajaran agar antisipasi bisa maksimal.
 
"Kami telah berkoordinasi dengan badan penanggulangan tingkat kabupaten/kota untuk mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan mengingat saat ini kita sudah masuk musim kemarau," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Tengah Mofit Saptono Subagio di Palangkaraya, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Mofit juga meminta pemerintah daerah di wilayah Provinsi berjuluk 'Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila' itu selalu menyiagakan posko dan personel pemadam kebakaran hutan dan lahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, pihaknya juga meminta kelompok masyarakat peduli api serta berbagai elemen masyarakat lain bersama-sama melakukan antisipasi kebakaran hutan dan lahan.
 
Di antara upaya yang dapat dilakukan seperti melakukan pemantauan di kawasan lahan yang dimiliki, tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok di wilayah rawan kebakaran.
 
"Kami juga meminta masyarakat dapat segera melapor kepada petugas jika mendapati lahan terbakar. Sementara itu, dari segi sarana dan prasarana kami juga meminta semuanya mulai dipersiapkan," jelas Mofit.
 
Mofit kembali mengatakan jika tiba-tiba terjadi kebakaran hutan dan lahan seluruh peralatan yang ada siap digunakan dan tidak mengalami masalah saat manfaatkan untuk proses pemadaman kebakaran.
 
Sementara itu Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri mengatakan pemerintah daerah dapat juga memanfaatkan dana desa untuk pencegahan kebakaran Karhutla.
 
"Pemerintah desa harus memahami hal ini, sebab dana tersebut tak hanya bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur, namun juga pencegahan karhutla," kata Fahrizal.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif