Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Alat Deteksi Longsor Terpasang di 10 Wilayah Bantul

Nasional bencana longsor
Antara • 28 Oktober 2019 12:57
Bantul: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah memasang alat deteksi tanah longsor di 10 daerah yang rawan pada musim hujan.
 
"Alat deteksi tanah longsor yang sudah kita pasang ada 10 alat, masing-masing dengan teknologi tinggi, teknologi sedang dan ada yang teknologi menengah," kata Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto di Bantul, Senin, 28 Oktober 2019.
 
BPBD tidak merinci lokasi alat deteksi tanah longsor terpasang, namun yang jelas alat dipasang di titik-titik rawan longsor pada lereng tebing seperti di wilayah kecamatan Pundong, Imogiri dan beberapa wilayah yang letak geografisnya perbukitan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan dari semua uji coba alat itu nanti akan kita evaluasi mana sih yang paling efektif memberikan pemahaman informasi kepada warga masyarakat, karena belum tentu
alat dengan teknologi tinggi itu bisa langsung efektif," jelas Dwi.
 
Dwi kembali mengatakan alat deteksi tanah longsor dengan teknologi sederhana yang dikembangkan para siswa SMK Negeri 1 Pundong dan terpasang di wilayah Blali, Desa Seloharjo akan lebih bisa memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.
 
"Karena semua yang namanya alat elektronik itu kan pasti ada kelebihan dan kelemahannya, dan inilah yang nanti akan kita evaluasi ke depannya, tapi di Bantul sudah sekitar 10 lebih lebih alat deteksi tanah longsor, dan tentu ke depan diupayakan terus ditambah," pungkas Dwi.
 
Dwi menjelaskan alat-alat tersebut juga sudah dilakukan pemeliharaan rutin oleh teman-teman forum pengurangan risiko bencana (FPRB) di setiap desa yang dipasrahi untuk melihat dan mengecek terkait dengan kondisi alat tersebut.
 
"Nah mereka nanti akan melaporkan kepada kita kalau memang terjadi hal-hal yang perlu diperbaiki kita langsung akan perbaiki, supaya alat itu terus berfungsi," pungkas Dwi.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif