Suasana Pesta kembang api pada malam tahun baru di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/1/2019). ANTARA FOTO/Novrian Arbi.
Suasana Pesta kembang api pada malam tahun baru di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/1/2019). ANTARA FOTO/Novrian Arbi.

Pemindahan Ibu Kota Bandung Dinilai Belum Perlu

Nasional ridwan kamil Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat
Roni Kurniawan • 30 Agustus 2019 16:38
Bandung: Pakar Politik dan Pemerintahan dari Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Asep Warlan Yusuf menilai pemindahan ibu kota Jawa Barat belum perlu. Pemprov dinilai harus mempunyai kajian dan pertimbangan matang dalam wacana tersebut.
 
"Itu memang masih terlalu awal kita bicara tentang lokasi, idenya juga belum dikaji, konsepnya seperti apa," kata Asep saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 30 Agustus 2019.
 
Asep menjelaskan Pemprov Jabar harus memiliki kemampuan berbagai hal untuk memindahkan ibu kota terutama anggaran. Akan tetapi hal itu diyakini Asep bukan merupakan keputusan resmi dari Pemprov Jabar yang mewacanakan pindah ibu kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Adakah kebutuhan yang rill, kebutuhan masa kini dan masa depan. Terus ada enggak kemampuan untuk memindahkan itu, karena mesti memindahkan kantor, infrastruktur dan lain-lain," jelas Asep.
 
Sementara pemilihan tiga lokasi tersebut pun harus dikaji dari berbagai sudut pandang terutama faktor kerawanan bencana. Pasalnya, lanjut Asep, wilayah Jabar merupakan salah satu provinsi rawan bencana sehingga harus dikaji sangat detail termasuk kebutuhannya
 
"Kan mesti kajiannya panjang, tidak satu sektor, tidak parsial, tidak fragmatis," beber Asep.
 
Terkait kemacetan yang terjadi di Kota Bandung, Asep mengusulkan agar Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung duduk bersama mencari solusi. Namun ditegaskan Asep bukan dengan cara memindahkan ibu kota dari Bandung ke lokasi lain.
 
"Selesaikanlah kemacetan itu, gunakan transportasi umum, jalan diperbaiki, tidak boleh ada pedagang kaki lima, tidak boleh ada pasar tumpah, jangan menyebrang sembarangan. Kan bukan ibu kota yang harus pindah untuk mengurangi kemacetan," pungkas Asep.
 
Hal senada diungkapkan Endra Kusuma, warga Ciwastra Kota Bandung yang menilai agar Emil tidak mengambil keputusan sepihak. Endra mengingatkan agar Emil melakukan jajak pendapat terhadap warga Jabar terkait wacana pemindahan ibu kota.
 
"Tawarin dulu ke warga Jabar, sisi baik sisi buruk terutama efektif enggak," kata Endra.
 
Endra menilai masih banyak yang harus dibenahi di Jabar jika dibandingkan memindahkan ibu kota. Salah satunya yakni minimnya lahan subur di Jabar untuk pertanian.
 
"Sekarang yang harus dibenahi itu, lahan produktif dijadikan pabrik dan perumahan. Lahan subur makin minim buat lahan pertanian," pungkas Endra.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif