upacara HSN di lapangan Ponpes Balekambang, Jumat, 22 Oktober 2021.   (Foto: Medcom.id/Rhobi)
upacara HSN di lapangan Ponpes Balekambang, Jumat, 22 Oktober 2021. (Foto: Medcom.id/Rhobi)

Santri Masa Kini Berjihad Melawan Covid-19

Nasional hari santri Hari Santri Nasional pandemi covid-19 Hari Santri Nasional 2021
Rhobi Shani • 22 Oktober 2021 12:35
Jepara: Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadi’in Balekambang Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menggelar peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 bersama jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Jihad melawan pandemi covid-19 menjadi pesan khusus.
 
Upacara peringatan HSN kali ini dilaksanakan sangat terbatas. Sebelum mengikuti upacara, peserta lebih dulu diwajibkan melakukan tes swab. Jumlah peserta yang terbatas tak menghambat hikmatnya upacara.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sumarno, menyampaikan HSN menjadi momen untuk membangkitkan semangat jihad. Namun bukan jihad berperang secara fisik melainkan berjuangmenebar kebaikan di tengah-tengah kebersamaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Hari Santri, Ganjar dan ASN Jateng Berbusana Koko-Sarung
 
“Jadi kalau kondisi covid-19 misalnya, teman-teman santri kalau di lingkungannya itu pasti didengar. Bagaimana menyosialisasikan covid-19 terutama masalah protokol kesehatan,” ujar Sumarno, usai memimpin upacara HSN di lapangan Ponpes Balekambang, Jumat, 22 Oktober 2021.
 
Sumarno meyakini santri-santri memiliki cara komunikasi yang berbeda saat berbaur dengan masyarakat dalam melawan pandemi covid-19.
 
Sementara itu Pengasuh Ponpes Balekambang, KH M Ma’mun Abdulloh, menyampaikan santri memang bisa mengambil peran strategis dalam melawan pandemi. Salah satu upaya untuk melawannya yaitu dengan vaksinasi covid-19. Sehingga akan terbentuk kekebalan komunal di masyarakat.
 
“Di sini (Ponpes Balekambang) sudah 70 persen santri yang divaksin covid-19. Setiap bulan dapat jatah 400an dosis,” kata KH Ma’mun.  

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif