Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. (Foto: Medcom.id/Antonio)
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. (Foto: Medcom.id/Antonio)

Pemkot Bekasi Refocusing Anggaran untuk Bayar Insentif Nakes

Nasional ekonomi daerah pandemi covid-19 vaksin covid-19 protokol kesehatan PPKM Darurat
Antonio • 15 September 2021 22:35
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, belum membayarkan insentif tenaga kesehatan periode Januari 2021 hingga kini. Hal itu disebabkan karena tidak mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk insentif yang totalnya disebut mencapai Rp60 miliar pada tahun sebelumnya.
 
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan pihaknya telah membayar insentif nakes periode September–Desember 2020. Pembayaran dilakukan dengan subsidi sekitar Rp12 miliar dari pemerintah pusat.
 
"Yang insentif Januari sampai sekarang kita kan sedang melakukan pergeseran-pergeseran untuk memenuhi anggarannya. Waktu itu kan dari pemerintah pusat, nah yang September sampai Desember kita juga ada subsidi sekitar Rp12 miliar. Nah yang Januari ini sedang kita susun karena itu kan besar, miliaran," kata Rahmat dia di Bekasi, Rabu, 15 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemkot Bekasi Wacanakan Petugas Vaksinasi di Tempat Hiburan
 
Dia menerangkan pihaknya harus menggeser anggaran dari kegiatan lain karena sebelumnya Pemkot Bekasi tidak mengalokasikannya.
 
"Kalau tidak dianggarkan kan tidak ada kata kehabisan, kalau tidak dianggarin kan dicari anggarannya, digeser, di-refocusing, sesuai dengan ketentuan. 2020 itu anggarannya September sudah habis yang diberikan dari kementerian kesehatan, sekarang dilimpahkan ke daerah, berarti nyari dulu, apalagi kondisinya begini," jelasnya.
 
Dia menyampaikan hingga saat ini pihaknya belum memiliki anggaran untuk membayar insentif nakes. “Sekarang formulanya adalah diberikan sesuai kemampuan keuangan yang ada, jadi uangnya ini mesti dicari dulu. Gede (total anggaran), lebih dari Rp60 miliar,” katanya.
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif