NTB Kirim 150 Mahasiswa ke Polandia
Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stockzynska
Jakarta: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali mengirim 150 mahasiswa ke Polandia. Mereka menerima beasiswa untuk mengambil gelar Master di Vistula University pada Februari 2019
 
Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, pihaknya telah melakukan kerja sama dan kesepakatan dengan Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Mrs. Beata Stockzynska.
 
Beata mengatakan pihaknya menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi NTB mengirim 1000 mahasiswa belajar ke luar negeri melalui program beasiswa.
 
“Kami menjadikan NTB sebagai daerah prioritas penerima  beasiswa. Universitas-universitas terbaik kami di Polandia siap menerima  siswa asal NTB. Berbagai program jurusan dapat dipilih, seperti ilmu budaya, ekonomi, keuangan, teknik informatika, teknik mesin dan kelautan,” kata Beata.
 
Beata meyakinkan bahwa Polandia adalah negara aman dan nyaman sebagai tujuan belajar. Dia menyebut warga negaranya juga ramah dan penuh toleransi atas perbedaan suku bangsa dan agama. Hingga saat ini, berbagai negara di Asia seperti Malaysia, Jepang, Thailand juga mempercayakan siswanya untuk menempuh pendidikan tinggi di sana.
 
Gubernur Zulkieflimansyah mengatakan mahasiswa NTB yang dikirimkan merupakan murid spesial dan unggulan. Dia yakin para siswa mampu menyelesaikan pendidikan sebaik-baiknya dan menjadi calon pemimpin Indonesia di masa depan.

Baca: Jokowi Minta Gubernur NTB Segera Bereskan Rehabilitasi Gempa

Terkait dipilihnya Polandia, karena negara itu paling siap dan memiliki program kuliah gratis untuk tingkat S2. Selain itu, biaya hidup di Polandia cukup terjangkau.
 
“Polandia terletak di jantung Eropa, bersekolah di sana akan memperluas cakrawala terhadap beberapa negara besar di Eropa sekaligus. Saya berharap draf kerja sama antara universitas di NTB dan kampus di Polandia segera rampuang, sehingga target kita untuk mengirim sebanyak mungkin siswa, guru maupun dosen ke luar negeri bisa segera tercapai,” kata Zul.
 
Seperti diketahui, Gubernur Zulkieflimansyah telah melakukan kesepakatan dengan Vistula University, Polandia, pada Kamis 15 November 2018.
 
Mereka sepakat mengirim 150 mahasiswa untuk mengambil program beasiswa Master Degree di Vistula University.
 
Program Master yang disediakan adalah 50 orang untuk computer engineering, 40 orang untuk finance and accounting, 30 orang untuk energy management dan 30 orang untuk tourism.
 
Seleksi akan dilakukan pada Desember 2018, sementara pengiriman para mahasiswa akan dilakukan pada Februari 2019.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id