Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Sungai Beringin Meluap, Permukiman di Tugu Semarang Banjir

Nasional banjir bencana alam bencana banjir
Media Indonesia.com • 03 Desember 2020 12:46
Semarang: Sungai Beringin di Kota Semarang, Jawa Tengah meluap. Akibatnya, ratusan rumah di Mangkang Wetan dan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang terendam banjir dengan ketinggian mencapai satu meter, pada Kamis dini hari, 3 Desember 2020.
 
Kini banjir telah surut, namun masih merendam rumah warga sekitar 30 sentimeter. Tim gabungan terdiri dari Kepolisian, TNI, Damka, BPBD, Balai Besar Wilayah Sungai dan relawan terus melakukan penanganan banjir dengan membersihkan lumpur dan sampah akibat banjir.
 
"Banjir bandang datang sekitar pukul 00.00 WIB, air masuk ke dalam rumah dan menghanyutkan kasur, meja, TV, kulkas, mesin cuci dan barang lainnya," kata Zainuri, 55, warga Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, melansir Media Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Banjir 1,5 Meter Rendam 2 Desa di Musi Banyuasin
 
Bahkan tidak hanya itu, ungkap Zaenuri, rumah yang dihuni delapan jiwa juga tidak lagi dapat ditempati. Pasalnya, nyaris roboh dengan dinding miring serta atap bagian depan sudah ambruk. 
 
"Sementara keluarga mengungsi di rumah saudara," imbuhnya.
 
Camat Tugu, M Imron, mengatakan sejak semalam tim gabungan sudah diturunkan untuk membantu warga terdampak banjir di Mangkang Wetan dan Kulon. Petugas mengevakuasi beberapa keluarga yang terkena banjir paling parah.
 
"Ada dua tanggul yang jebol memjadi penyebab banjir," ujarnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif